Rencana Kota Bandung Gelar Triathlon Untuk Kembangkan Wisata Olahraga

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung berencana terus menggenjot jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung. Salah satunya mengembangkan sport tourism dengan menggelar triathlon. Dengan adanya olahraga triathlon bisa memanjakan para pencinta olahraga yang menggabungkan tiga cabang, yakni renang, sepeda dan lari.

“Kota Bandung wisatanya sudah baik. Tapi menggabungkan sport tourism rasanya cukup baru di Kota ‎Bandung. Jadi kalau bisa dilakukan, mudah-mudahan bisa menunjang kunjungan wisata ke Kota Bandung,” kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, di Sungailiat, Kabupaten Bangka, akhir pekan lalu.

Sekalipun tidak memiliki area laut, lanjutnya, keberadaan danau buatan seluas 10 hektar di Gedebage bisa dimanfaatkan untuk cabang renang. Sehingga, tidak akan mengurangi daya tarik perhelatan trilomba.

Baca Juga:  Festival Aerobic di Purwakarta Dapat Penolakan Warga

“Sama saja, yang penting air. Mudah-mudahan nanti di Gedebage danau itu kita bisa gunakan, dan konsep sport tourism ini animonya pasti akan besar,” ujarnya.

Wakil wali kota yakin, jika Kota Bandung menggelar trilomba, kemungkinan akan menarik peserta lebih banyak. Hal itu mengingat akses transportasi yang lebih banyak pilihan dan mudah dijangkau.

“Saya pikir potensinya lebih besar. Berdasarkan informasi panitia (Sungailiat Triathlon) dengan tiket pesawat mahal aja ini banyak, kan kalau ke Bandung dari Jakarta juga dekat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Begini Tips Berkendara Saat Angin Kencang di Musim Hujan

Kunjungannya ke Kabupaten Bangka dimanfaatkan secara maksimal untuk menggali pengetahuan dan resep rahasia penyelenggaraan trilomba dengan konsep sport tourism.

“‎Jadi pertama itu konsistensi, mereka (Sungailiat Triathlon) menyelenggarakan ini sudah tujuh kali berturut-turut setiap tahun dan dari luar negeri mereka banyak. Mudahan-mudahan ada yang bisa kita ambil dan mudahan kita juga bisa melaksanakan kegiatan seperti ini di Kota Bandung,”katanya.

Dalam kunjungannya itu, ia didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric M. Attauriq serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto. Ia berharap konsepnya bisa segera ditindaklanjuti agar gelaran trilomba terlaksana secepatnya di Kota Bandung.

Baca Juga:  Mengenal Sejarah Singkat Tahu Sumedang Jawa Barat Yang Melegenda

“Hari ini kan kita didampingi Pak Asisiten dan kepala dinas, mudah-mudahan kita bisa rencanakan dan mudahan tahun depan sudah bisa dilakukan di Kota Bandung‎,” pungkasnya.

Sementara itu, setelah rangkaian seri di Sungailiat Triathlon, kemudian lanjut ke Jakarta City Triathlon, Batam Triathlon, Lombok Triathlon, Bangka Triathlon, dan terakhir Palembang Triathlon. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat