Depok Raih Penghargaan Kota Sehat Dengan Predikat Tertinggi

JABARNEWS | DEPOK – Kementerian Kesehatan RI bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan tertinggi kepada Pemerintah Kota Depok sebagai Kota Sehat 2019 dalam kategori Swasti Saba Wistara. Wistara merupakan penghargaan tertinggi dalam penilaian kota dan kabupaten sehat setelah tingkat pemantapan (Padapa) dan dembinaan (Wiwerda).

“Pencapaian ini bukan hanya milik Pemkot Depok semata. Namun, milik seluruh masyarakat Kota Depok,” kata Idris di Depok, Rabu.

Hasil membanggakan tersebut setelah Pemkot Depok bersama Forum Kota Depok Sehat (FKDS) berhasil memenuhi standar kota sehat 2019 yang mengacu pada tujuh tatanan.

Baca Juga:  Babinsa Sei Rampah Ajak Pedagang Pasar Tradisional Terapkan 3M

Tatanan itu adalah kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, dan kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi.

Ada pula tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat karena berkat partisipasi dan kolaborasi dengan Pemkot Depok bisa meraih capaian ini. Dikatakannya, dalam mencapai kota sehat 2019 membutuhkan kerjasama semua pihak,” jelasnya.

Baca Juga:  Tips Kuat Berpuasa Ala Danmen Armed 1 SY 1 Kostrad

Meski telah berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Wistara, sambung Mohammad Idris, Pemkot Depok tidak akan berhenti sampai di sini saja. Untuk pengembangan kota sehat setelah meraih penghargaan tertinggi kota sehat, pihaknya akan terus berkomitmen menciptakan banyak inovasi.

“Insya Allah akan lebih banyak inovasi lagi untuk kota sehat, termasuk kolaborasi dengan semua perangkat daerah di Pemkot Depok,” jelasnya.

Kota Depok mendapat Swasti Saba Wistara bersama dengan 88 kabupaten/kota lain se-Indonesia. Sedangkan yang mendapatkan Swasti Saba Wiwerda sebanyak 29 kabupaten/kota, serta Swasti Saba Padapa sebanyak 60 kabupaten/kota.

Baca Juga:  Namanya Masuk Kriteria Calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara Baru, Ridwan Kamil: Belum Ada Sinyal

Untuk diketahui, sebelum meraih Swasti Saba Wistara tahun 2019, Kota Depok sudah mendapat penghargaan Swasti Saba Wiwerda (pembinaan) di tahun 2017 dan Swasti Saba Padapa (pemantapan) di tahun 2015. Ini membuktikan Kota Depok selalu berusaha untuk meningkatkan capaiannya dan indikator kota sehat, dari dua tatanan di 2015, empat tatanan di tahun 2017 dan tujuh tatanan tahun 2019. (Red)