Polres Purwakarta Terus Konsisten Bentengi Pelajar Dari Bahaya Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta memberikan sosialisasi mengenai jenis dan dampak penyalahgunaan narkoba kepada ratusan pelajar SMAN 1 Jatiluhur, pada Rabu (20/11/2019).

Usia muda, khususnya para pelajar, rentan dengan kenakalan remaja. Kenalan remaja terkadang menjurus kepada tindak pidana seperti penyalahgunaan narkoba.

Untuk memeimalisir terjerumusnya para remaja ke lingkaran narkoba Polres Purwakarta melakukan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di sekolah-sekolah.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kewajiban kami sebagai penegak hukum untuk menyadarkan generasi muda terutama usia pelajar yang masih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja,” ujar Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Heri Nurcahyo, usai memberikan edukasi tentang bahaya narkoba di SMAN 1 Jatiluhur, Rabu (20/11/2019).

Baca Juga:  Mahkota Emas Raja Galuh Ternyata Masih Tersimpan di Museum Ciamis

Heri menuturkan generasi milenial memang menjadi sasaran yang menggiurkan bagi para pengedar narkotika. Generasi muda ini masih sangat rawan diracuni oleh pergaulan yang salah termasuk menyalahgunakan narkoba.

Baca Juga:  Pelaku Pemerkosa Belasan Santriwati di Kota Bandung Dituntut Hukuman Mati

Ditambahkannya, berdasarkan kasus-kasus yang selama ini ditangani, anak-anak muda ini rentan terpapar peredaran narkoba. Terutama yang memiliki kerawanan sosial di lingkungan sekitarnya.

“Kalau dari yang kami turun di lapangan mayoritas khususnya usia pendidikan rata-rata sebagian besar terpapar lingkungan yang tidak kondusif atau dasarnya dari keluarga. Jadi narkotika disalahgunakan jadi ajang pelarian untuk masalah keluarga. Faktor lingkungan memang sangat berperan,” kata Heri.

Sementara, salah seorang pelajar SMAN 1 Jatiluhur, Hillman Gustiana Nugraha mengaku senang dan mengucapkan banyak terimakasih pada pihak kepolisian dari Polres Purwakarta yang telah memberikan sosialisasi bahaya narkoba di sekolahnya.

Baca Juga:  Rumah Pintar Pemilu Hadir di Purwakarta, KPU Edukasi Pemilih Pemula

“Saya ucapkan terimakasih untuk Polres Purwakarta tentang sosialisasi bahaya narkoba, pemahaman yang baru saya ketahui tentang narkoba. Selama ini saya dan teman-teman di SMAN 1 Jatiluhur hanya mengetahui tentang lalulintas maka dari itu saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih atas pemahaman barunya,” pungkasnya. (Gin)