Keren! Besok Seluruh Kecamatan di Kota Bandung Tanam 15 Ribu Pohon

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap tanggal 21 November diperingati hari pohon sedunia yang merupakan momentum untuk mengingatkan kita betapa pentingnya peranan dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia.

Pemkot Bandung akan mengelar penanaman pohon secara serentak di 30 Kecamatan. Sebanyak 15 ribu pohon produktif berbagai jenis telah disiapkan untuk kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung Gin Gin Ginanjar menuturkan kegiatan yang diberi tajuk ‘Bandung Menanam Jilid I’ akan dipusatkan di Kelurahan Rancabolang, Kecamatan Gedebage. Kegiatan itu rencananya dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Baca Juga:  Simak.. Berikut ini Merupakan Cara Mudah Hindari Setres

“Kegiatan ‘Bandung Menanam Jilid I’ dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di kota berjumlah penduduk sekitar 2,5 juta ini,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, penanaman ribuan pohon diharapkan mampu meningkatkan ruang terbuka hijau (RTH) yang memang masih kurang di Kota Bandung.

“Dari segi konsep kita mendukung misi Kota Bandung nyaman melalui perencanaan kota. Salah satunya melalui peningkatan kualitas RTH,” katanya, Rabu (20/11/2019).

Baca Juga:  Kahitna Pulang Kampung, Hibur Warga Bandung

Ia mengungkapkan ada 15 ribu pohon bantuan dari berbagai pihak telah disiapkan untuk kegiatan tersebut. Belasan pohon itu telah disebar ke 30 kecamatan untuk nantinya ditanam secara bersama-sama pada Kamis (21/11/2019).

“Pohon sudah diberikan ke camat-camat, lubang, pupuk kandang dan sebagainya sudah siap,” ujar Gin Gin.

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan, pohon yang ditanam merupakan tanaman produktif seperti buah-buahan. Hal itu dimaksudkan agar pohon yang ditanam bisa dimanfaatkan hasilnya oleh masyarakat.

Baca Juga:  Rahmat Efendi Siap Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19 di Kota Bekasi, Asal..

“Misalkan kalau di Cicendo daerah padat pemukiman, kita kasih tanaman jeruk lemon yang sekiranya tidak menyita banyak lahan. Kita siapkan sedikitnya ada 15 jenis tanaman buah yang berbeda pokoknya disesuaikan dengan karakter daerah masing-masing,” kata Gin Gin.

Selain penanaman belasan ribu pohon, di waktu yang sama juga turut dilakukan penyebaran bibit ikan. Kurang lebih ada sebanyak 82 ribu bibit ikan siap ditebar ke kolam retensi dan sejumlah sungai di 30 kecamatan. (Red)