Ciamis Gelar Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya

JABARNEWS | CIAMIS – Kenalkan ciri khas perilaku budaya masyarakat Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah menggelar Festival Rengkuh Galuh Riksa Budaya Jawa Barat yang berlangsung di Situs Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, Rabu (20/11/2019).

Festival Rengkuh yang di gelar dengan meriah tersebut turut diramaikan dengan Seni Tarian khas Ciamis, yakni Tari Kele. Tari Kele sendiri merupakan kesenian tradisional dari campuran seni tradisi Nyangku yang berasal dari Panjalu Kabupaten Ciamis.

Baca Juga:  Nama Kasat Narkoba Polres Purwakarta Dicatut

Selain itu, Gelaran Bebegig Sukamantri, Wayang Interaktif, Talkshow Budaya dan Workshop Rengkuh turut meriahkan kegiatan Festival tersebut.

Asisten Daerah (Asda) II Setda Kabupaten Ciamis, Toto Marwoto mengatakan, sejak zaman dahulu, Budaya Rengkuh memiliki nilai yang tinggi dalam aspek di kehidupan sehari-hari,” katanya.

“Rengkuh merupakan perilaku budaya masyarakat yang bertutur kata yang sopan, saling menghargai dan menghormati, baik yang tua atau pun yang muda, menjunjung tinggi adat perilaku yang baik sopan dan santun terhadap sesama manusia.

Baca Juga:  Masuki Era 4.0 SDM Jadi Pekerjaan Rumah Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya

Menurutnya, perilaku Budaya Rengkuh jangan sampai terkikis oleh waktu, oleh sebab itu penguatan Budaya Rengkuh terhadap generasi muda harus diperkuat, supaya nantinya perilaku tersebut bisa selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para generasi muda.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Febiyani mengaku bahwa kegiatan tersebut di gelar supaya nilai Budaya ciri perilaku dan sekaligus identitas peradaban masyarakat Jawa Barat ini tidak hilang ditelan waktu.

Baca Juga:  Keren.. Enam Sekolah di Depok Raih Penghargaan Adiwiyata

“Oleh sebab itu, generasi muda di Jawa Barat diharapkan mampu menerapkan ciri perilaku Rengkuh kedalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Ringkas Budaya Jawa Barat Rengkuh Galuh yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemprov Jabar merupakan platform gerakan kebudayaan, dengan tujuan menguatkan nilai budaya sunda yang tercermin dalam perilaku masyarakat Jabar sekaligus melestarikan kesenian dan menarik wisatawan. (CR1)