Warga Sumedang Dilarang Berziarah ke Makam Keramat Ini

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Warga asli Sumedang ternyata dilarang berziarah ke Makam Eyang Prabudilaya yang terletak di objek wisata Situ Gede di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Aturan tersebut sudah menjadi larangan di makam keramat Eyang Prabudilaya. Konon pada zaman dahulu, pernah ada orang Sumedang yang memaksa datang kesini untuk berziarah. Seketika pada saat itu juga hujan angin disertai petir mengguyur lingkungan Situ Gede.

Baca Juga:  Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan Tinggal Tunggu Pelantikan, Ini Harapan Sekda Bandung

“Yang berziarah kesini dari berbagai daerah, dan bagi warga asli Sumedang dilarang, dimana larangan itu sudah dari dulu,” Juru Kunci makam Eyang Prabudilaya, kepada Jabarnews.com, Minggu (17/11/2019).

Baca Juga:  Pemkab Garut Janjikan Bantuan Rp1 Juta untuk Warga Korban Banjir

Menurutnya, makam keramat ini sering dikunjungi oleh para peziarah untuk sekedar mengharapkan berkah dari Eyang Prabudilaya,

Herman menjelaskan, makam keramat Eyang Prabudilaya tidak dianjurkan bagi orang-orang yang bertujuan ingin kaya raya atau pun ingin mendapatkan ilmu hitam Kalau sekedar untuk mendoakan dengan tujuan yang baik-baik saja silahkan datang.

Baca Juga:  Longsor Terjang Leuwi Nanggung Sukabumi Jumat Sore, Satu Rumah Warga Rusak

“Pernah ada yang datang kesini untuk tujuan tertentu, namun saya suruh kembali lagi,” ujarnya.

Sebagai penutup Herman menambahkan, banyak larangan yang tidak boleh dilakukan di Situ Gede, yakni seperti berbahasa kotor atau kasar, apalagi tujuan bermaksiat dan tujuan jelek lainnya. (CR1)