Menelisik Sejarah Museum Bale Indung Rahayu Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Purwakarta memiliki destinasi wisata budaya yang edukatif dan menarik untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang ingin mengetahui perjalanan kehidupan manusia dari dalam kandungan sampai akhir khayat dalam balutan budaya Sunda, Anda bisa berkunjung ke Museum Bale Indung Rahayu yang terletak di Jalan RE Martadinata No. 10, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Destinasi wisata ini memberikan wawasan budaya edukatif yang didukung dengan teknologi digital dan menarik untuk dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bale Indung Rahayu ini, terbuka untuk umum pada hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Untuk masuk ke galeri ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca Juga:  Kemacetan Parah Terjadi di Tol Cipularang Arah Bandung Menuju Jakarta

Bale Indung Rahayu yang berarti Tempat Kemuliaan Ibu bertutur tentang proses kelahiran manusia dan peran seorang ibu dalam merawat anak-anaknya dengan sentuhan budaya sunda. Kehidupan dan perjalanan hidup manusia di alam sunda ditampilkan secara apik melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan.

Baca Juga:  Perangi Narkoba di Purwakarta, Sekda Dukung Pembentukan Kampung Bebas Dari Narkoba

Selama berada di Bale Indung Rahayu, pengunjung akan benar-benar memahami tentang kehidupan dan penjelasan mengenai peran seorang ibu dengan diiringi alunan musik khas Sunda yang turut dihadirkan di dalam museum.

Selain itu, di dalam ruangan ini juga diisi dengan sejumlah permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuknya ada yang berupa lukisan, foto, hingga beberapa bentuk fisik yang bisa dimainkan seperti congklak.

Baca Juga:  Polemik Perseteruan Vaksin Nusantara, Permainan Mafia atau Elit Politik?

Namun ada pula beberapa jenis permainan yang hanya dipajang dan tidak boleh dimainkan. Di ruangan yang lain terdapat juga gambaran tanah Sunda yang identik dengan hutan dan alam yang harus dijaga.

Masuk ke ruang berikutnya terdapat miniatur rumah adat sunda, gambar pakaian adat sunda, dipajang alat musik, peralatan dapur, dan juga dipajang makanan tradisional khas Sunda. Semua yang ada di Bale Indung Rahayu ditata dengan estetika yang ditunjang dengan teknologi digital. (Adv)