Saung Manglid Purwakarta, Primadona Wisata Edukatif Berbasis Agrowisata

JABARNEWS | PURWAKARTA – Selain terkenal dengan berbagai objek wisata dan kulinernya, Purwakarta dikenal kental dengan khazanah tatar sunda. Hal ini bisa dilihat dari nama-nama tempat wisata sampai gedung-gedung pemerintahan.

Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata “Saung”? Biasanya langsung akan menghubungkan dengan daerah pedesaan yang tradisional, nuansa bambu dan tempat yang kecil.

Tapi akan berbeda ketika sudah berkunjung ke Saung Manglid Purwakarta. Saung Manglid adalah sebuah resto & cafe yang terletak di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes-Kabupaten Purwakarta.

Dengan mengusung konsep agrowisata, tempat ini menawarakan wisata edukasi untuk keluarga. Buka setiap hari dan hari libur nasional dari pukul delapan pagi hingga pukul enam sore

Baca Juga:  Sejumlah Sekolah Dasar di Kota Bandung Minim Pendaftar Baru

Manglid sendiri diambil dari nama sejenis kayu dan digunakan sebagai nama tempat karena bangunannya di dominasi oleh kayu tersebut. Sebagai salah satu daya tarik, tempat wisata itu sangat menonjolkan seni artistik dari kayu dan bambu. Sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai selfie dan wefie

Tempat ini pada awalnya merupakan lahan pertanian seluas tiga hektar. Sebagai penghasil benih, tempat ini sering dikunjungi tamu dari luar kota. Akhirnya, demi memfasilitasi mereka, disediakanlah tempat untuk menginap. Dan saat ini Saung Manglid telah menjelma menjadi lokasi agrowisata yang edukatif andalan di Kampung Parakanceuri.

Baca Juga:  Sabtu 17 Juni 2023, Lokasi SIM Keliling Subang Bakal Ada Disini

Di Saung Manglid, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang persawahan dan perkebunan serta beragam dekorasi artistik yang terbuat dari kayu dan bambu. Salah satu dekorasi artistik sekaligus taman andalan di Saung Manglid ialah Taman Carangka.

Secara etimologi bahasa Sunda, carangka diartikan sebagai keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Saung Manglid menghadirkan carangka dalam bentuk berbeda. Dengan penataan dan perpaduan yang khas antara bunga, bambu, dan carangka, menjadikan Saung Manglid sebagai destinasi menarik.

Baca Juga:  Sore Ini Sule dan Nathalie Bakal Langsungkan Pernikahan, Begini Kata Netizen

Dan Pengunjung pun tidak perlu khawatir soal kuliner, karena kafe dan restoran di sini menyediakan menu dan jajanan tradisional. Tempat makan yang disediakan di sini pun mengusung beragam tema, mulai tema romantis sampai dengan lesehan tersedia.

Saung Manglid juga menyediakan tempat meeting berkapasitas 30 orang. Suasana yang artistik di tempat terbuka memang sangat mendukung untuk jamuan dan pertemuan. (Adv)