Taman Maya Datar, Hadirkan Suasana Sejuk di Pusat Kota Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sejak beberapa tahun terakhir Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terus berbenah, mengembangkan potensi yang ada menjadikan objek menarik untuk dikunjungi.

Purwakarta ini tidak hanya memiliki pesona alam yang cantik dan indah, namun juga memiliki taman kota yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi setiap hari.

Sejumlah taman kota menghiasi lokasi-lokasi strategis di seputar Purwakarta seperti Taman Pesanggrahan Padjadjaran (Alun-Alun Purwakarta), Taman Sri Baduga atau Situ Buleud, Taman Surawisesa, Taman Pancawarna, Taman Pancaniti dan Taman Panca Warna.

Selain dari sejumlah taman itu, ada juga taman yang mampu menarik perhatian, yakni Taman Maya Datar berlokasi di Komplek Pemda Purwakarta.

Taman ini menawarkan keindahan dan kesejukan di tengah keramaian kota yang setiap harinya dipadati hilir mudik kendaraan.

Baca Juga:  Ketua DPRD Jabar Silaturahmi dengan Media, Taufik Hidayat Ajak Wartawan Jalin Komunikasi Baik

Taman yang dibangun pada periode Bupati Dedi Mulyadi, bisa dikatakan cukup unik pasalnya merubah mindset areal perkantoran pemerintahan menjadi sebuah taman yang bisa dikunjungi dan dinikmati oleh masyarakat.

Pada periode hari ini Taman tersebut lebih dipercantik lagi oleh Bupati sekarang yaitu Anne Ratna Mustika.

Memadukan suasana klasik dan keindahan dedaunan. Hamparan bunga-bunga cantik memanjakan mata menjadi background favorit untuk berswafoto bersama orang tercinta. Pepohonan yang rindang juga membuat pengunjung betah karena suasana yang asri dan memberikan kesegaran tersendiri.

Sekertaris Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengatakan, kehadiran taman kota menjadi daya tarik tersendiri mendatangkan wisatawan singgah ke Purwakarta.

Baca Juga:  Pilih Jenis Bahan Kain Ini yang Ramah Lingkungan

Taman Maya Datar menjadi salah satu taman yang direkomendasikan untuk menikmati suasana sejuk di wilayah perkotaan.

“Taman ini Maya Datar sangat ramah anak, area taman yang luas dan nyaman membuat anak-anak bisa bermain dengan menyenangkan. Bermain sepatu roda, sepeda maupun sekadar jalan-jalan, namun tetap di bawah pengawasan orang tua,” ungkap Heri, Rabu (20/11/2019).

Taman Maya Datar memiliki filosofi, Maya Datar yaitu tempat pertemuan antara warga dengan pemimpin maupun pemerintahan secara sejajar.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengubah konsep area pemerintahan menjadi area ruang terbuka untuk masyarakat, sehingga tidak hanya pegawai pemerintah saja yang bisa menikmati taman ini, namun masyarakat secara umum juga bisa menikmati keindahan Taman Maya Datar.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 Naik, Dinkes Jabar Wajibkan Rumah Sakit Sediakan 10 Persen Ruang Isolasi

Heri menambahkan, tak jauh dari Taman Maya Datar terdapat juga Taman Panca Warna terletak di area Bale Paseban atau Pendopo Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta.

“Bagi wisatawan berniat berkunjung kedua taman itu direkomendasikan datang sore hari atau sekitar Pukul 15.00 WIB, mengingat berlokasi di lingkungan kantor pemerintahan,” ujar Heri.

Bahkan keberadaan taman-taman di Purwakarta, menurut sejumlah masyarakat cukup memberikan warna di Purwakarta, apalagi datang bersama keluarga maupun anak-anak.

“Ya enak sejuk apalagi kalau sore hari terkadang kita nikmati permainan air mancur, belum lagi kana da galeri wayang, selain asik buat spot foto juga menghilangkan penat setelah bekerja,” ujar Cucu salah seorang pagawai Bank BUMN di Purwakarta. (Adv)