Yuk Intip Staf Khusus Milenial Pilihan Presiden Jokowi

JABARNEWS | BANDUNG – Sebulan menjabat sebagai Presiden RI 2019-2024, Joko Widodo akhirnya merampungkan susunan staf khususnya. Total, ada 13 staf khusus Presiden yang akan membantu kerja-kerja Kepala Negara. Dari jumlah itu, tujuh di antaranya merupakan kalangan milenial dengan rentang usia 20 sampai 30-an tahun.

Presiden Jokowi memberi perlakuan spesial kepada para staf khusus milenialnya ini. Mereka diperkenalkan secara langsung oleh Jokowi di teras Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden Joko Widodo menyebutkan, tujuh staf khusus yang baru ini berasal dari kalangan milenial. Ia berharap bisa mendapat masukan-masukan segar dari para pembantu barunya ini.

Berikut nama-namanya:

1. Putri Indahsari Tanjung – (CEO dan Founder Creativepreneur)

Berusia masih sangat muda 23 tahun. Jebolan sarjana Academy of Arts di San Francisco. Kita sering dengar kiprahnya sebagai founder dan CEO di Creativepreneur dan juga menjadi chief business officer of Kreavi

Baca Juga:  Ahok Temui Erick Thohir, Ada Apa?

2. Adamas Belva Syah Devara – (Pendiri Ruang Guru)

Belva masuk ke Forbes 30 dengan umur di bawah 30 tahun serta mendapatkan medali emas dari Lee Kuan Yew saat lulus sarjana di Nanyang Technology University di Singapura.

3. Ayu Kartika Dewi – (Perumus Gerakan Sabang Merauke)

Ayu Kartika Dewi, 36 tahun. Jokowi memperkenalkan Ayu sebagai salah satu anak muda yang memiliki misi mulia untuk merekatkan persatuan di tengah kebinekaan. Ia menjadi pendiri dan mentor lembaga Sabang Merauke 1000 Anak Bangsa Merantau untuk Kembali. Ayu meraih gelar MBA di Duke University di Amerika Serikat.

4. Angkie Yudistia – (Pendiri Thisable Enterprise, kader PKPI, difabel tunarungu)

Angki Yudistia, berumur 32 tahun. Angki adalah anak muda penyandang disabilitas yang aktif bergerak di sociopreneur melalui Thisable Enterprise yang didirikannya. Jokowi menyebutkan, Angkie aktif sebagai anggota Asia-Pacific Federation of the Hard of Hearing and Deafened Person, serta anggota International Federation Hard of Hearing of Young People. Jokowi meminta Angki sekaligus menjadi jubir Presiden di bidang sosial.

Baca Juga:  Cek Syaratnya! Ada Lowongan Terbuka Untuk Calon Sekda Kota Bogor

5. Gracia Billy Yosaphat Membrasar – (Pemuda asal Papua, peraih beasiswa kuliah di Oxford)

Gracia Billy Mambrasar, umur 31 tahun, ini putra Papua, sebentar lagi selesai di Oxford University, dan nanti Oktober akan masuk ke Harvard University untuk S3. Billy adalah talenta hebat tanah Papua yang kita harapkan bisa banyak berkontribusi dengan gagasan inovatif dalam membangun tanah Papua. Billy juga adalah CEO Kitong Bisa

6. Aminuddin Ma’ruf – (Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII)

Aminuddin Maruf, usia 33 tahun pernah menjadi Ketum Umum PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Presiden meyakini dengan bantuan Amin dengan keliling ke santri, ke pesantren untuk menebar gagasan-gagasan inovasi barupesantren bisa melahirkan talenta-talenta hebat untuk memajukan bangsa.

Baca Juga:  Rekonsiliasi Budaya Dan Sejarah, Tiga Gubernur Bangun Harmoni

7. Andi Taufan Garuda (Pendiri Lembaga Keuangan Amartha)

Andi Taufan Garuda Putra yang berumur 32 tahun, lulusan Harvard Kennedy School. Taufan sebagai sosok yang bergerak di dunia entrepreneur, banyak meraih penghargaan atas inovasi dan kepeduliannya atas sektor UMKM. Taufan adalah pendiri sekaligus CEO Amarta Micro Fintech.

Selain tujuh nama di atas, sebenarnya ada dua staf khusus lain yang juga merupakan wajah baru di Istana. Keduanya adalah Politisi PDI-P Arief Budimanta dan politisi PSI Dini Shanti Purwono.

Namun, keduanya tak ikut diperkenalkan oleh Jokowi. Sebab, Arif (51 tahun) dan Dini Purwono (45 tahun) dianggap tak termasuk kalangan milenial. Sisanya, staf khusus Jokowi diisi wajah lama, yakni Diaz Hendropriyono, Sukardi Rinakit, dan Ari Dwipayana. Terakhir, ada juga Fadjroel Rachman yang sudah diangkat sejak bulan lalu. (Red)