Bangun SDM, Kemendikbud Fokus Pendidikan Karakter

JABARNEWS | BANDUNG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI akan fokus kepada pengembangan pendidikan karakter kepada para siswa dalam membangun sumberdaya manusia di sektor pendidikan.

Kelapa Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud RI, Ade Erlangga mengatakan, pengembangan pendidikan karakter itu cukup penting diterapkan dalam dunia pendidikan. Hal tersebut guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terampil dan kecakapan hidup di masyarakat.

Baca Juga:  Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua, Ini Yang Dirasakan Uu Ruzhanul Ulum

Dalam merealisasikannya, dia menyebut, pihaknya berencana memasukkan pengembangan pendidikan karakter ke dalam mata pelajaran dengan menggunakan berbagai metode.

“Pelatihan karakter harus insklusif dengan mata pelajaran yang ada, tidak harus karakter itu dengan pelatih-pelatih karak atau seminar-seminar, Sehingga harus di masukan kedalam pelajaran sekolah,” kata Ade di Dakken Caffe, Jalan R.E. Martadinata No. 67, Citarum, Bandung, Sabtu (23/11/2019).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Kalian Harus Banyak Berbuat Baik Aries

Lebih lanjut, Ade menjelaskan, akan melibatkan guru di setiap sekolah-sekolah. Pasalnya, peranan guru sangat penting dan dibutuhkan dalam pembentukan karakter siswa.

Baca Juga:  Lima Fakta Menarik Usai Pesta Gol Persib ke Gawang Persiraja

“Kita bangun pembangunan karakter. Pelaku utamanya adalah guru, bagaimana mengajarakan dinamika, semangat motivasi tinggi kepada siswa dengan positif bukan mengendorkan semangat anak-anak dengan itu harus di reduksi,” jelasnya. (Rnu)