Jokowi ke Korsel, Bahas Kerja Sama 30 Tahun

JABARNEWS | BANDUNG – Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit (KTT ASEAN-RoK), diselenggarakan di Busan, Korsel pada 25-26 November 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Korea Selatan (Korsel) dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (23/11) siang. Salah satunya dalam rangka membicarakan rencana kerja sama 30 tahun ke depan antara negara di kawasan Asian Tenggara (ASEAN) dan Negeri K-Pop.

Baca Juga:  Hari Ini KPK Periksa Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Kasus Apa?

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan rencana kerja sama 30 tahun ke depan yang akan dibicarakan kepala negara menyangkut sektor konektivitas. Kemudian, Jokowi juga akan membicarakan isu seputar kestabilan kawasan ASEAN dan Korsel.

Lalu, orang nomor satu di Indonesia juga dijadwalkan menghadiri pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Moon Jae-in. Selanjutnya, Jokowi juga akan bertemu dengan para pengusaha asal Negeri Ginseng.

Baca Juga:  Covid-19 di Indonesia Makin Parah, PBNU Minta Pilkada 2020 Ditunda

“Dan tidak kalah pentingnya pertemuan dengan kelompok ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Korea Selatan,” kata Heru dilansir dari CNN, Sabtu (23/11/2019).

Selain itu, Kepala negara menuju Korsel ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Baca Juga:  Negara Diminta Danai Parpol, Pengamat: Manajemen Partai Perlu Diperbaiki

Turut mendampingi juga Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman.

Seperti di Ketahui, KTT ASEAN-RoK sendiri mengambil tema ‘Kemitraan bagi Perdamaian, Kesejahteraan bagi Semua’ pada perhelatan ke-30 sejak diadakan pada 1989 silam. Rencananya, Jokowi baru kembali ke Tanah Air pada 27 November 2019. (Red)