Peran Media Dibutuhkan Untuk Bawa Pendidikan Indonesia Maju

JABARNEWS | BANDUNG – Kelapa Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud RI, Ade Erlangga menyampaikan, kalau dunia pendidikan di Indonesia ingin maju maka harus berdasarkan tiga pilar pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan media massa.

Dia menjelaskan, pilar yang pertama itu adalah keluarga. Keluarga menjadi pilar yang sangat penting untuk membentuk karakter anak. Sebab, melalui pendidikan keluarga, orang tua-lah yang mengetahui sifat anak-anak yang dibimbingnya.

Baca Juga:  Erick Thohir Minta Toilet Diseluruh SPBU Pertamina Gratis

“Keluarga, sangat penting dalam proses transformasi nilai yang harus dimiliki anak-anak. Karena, over view dipengaruhi ada sosialisasi yang dibentuk atau dipengaruhi oleh keluarga,” kata Ade saat diskusi sinergitas terkait kebijakan pendidikan dan kebudayaan dengan media di Dakken Caffe, Jalan R.E. Martadinata No. 67, Citarum, Bandung, Sabtu (23/11/2019).

Baca Juga:  Polisi di Purwakarta Masifkan Vaksinsi Covid-19 Bagi Lansia

Yang kedua, kata dia, adalah pilar sekolah. Pilar ini menjadi sangat penting karena dalam prosesnya melibatka guru. Menurut Ade, guru harus mempunyai kemampuan untuk mengajarkan tentang nilai-nilai sikap dan prilaku.

Guru harus bisa membangun karakter. Karena karakter bisa dibangun oleh guru. Kedepan menteri akan menekankan ada peranan guru,” jelasnya.

Dan yang ketiga adalah pilar media massa. Ade menilai, pilar ini memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk opini publik. Oleh karena itu, tambahnya, media harus membantu dalam merekonstruksi ulang apa yang harus dibangun, paling utama pendidikan.

Baca Juga:  Diguyur Hujan Deras, Dua Kampung di Cipetir Cibeber Cianjur Dikepung Banjir

“Pilar media itu menjadi sangat penting. Media menjadi pilar pendidikan yang membawa pendidikan ke arah yang maju,” pungkasnya. (Rnu)