Pledge United: Kampanyekan Anti Kekerasan Terhadap Perempuan

JABARNEWS | BANDUNG – Hari ini, sebanyak 500 peserta dan 25 pelatih ikut berpartisipasi dalam Pledge United Cup yang diselenggarakan di Inspire Arena, Parongpong, Bandung Barat, Minggu (24/11/2019).

Tak hanya itu, Pledge United Cup ini juga membawa misi untuk memberikan edukasi kepada para remaja tentang anti kekerasan terhadap perempuan. Hal ini, tercermin saat seluruh peserta dan pelatih mengucap ikrar ‘Hari ini saya berjanji, tidak akan pernah secara fisik memukul atau melukai wanita’.

Founder Pledge United, Jonathan Hamilton menyebut, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mencatat bahwa 26 persen perempuan di Indonesia menjadi korban pemerkosaan, serta data data Komnas Perempuan mencatat 33 persen di Indonesia pernah mengalami kekerasan gender.

Baca Juga:  Segera, Persib VS Melbourne Victory Football Club

Atas dasar itu, kata dia, Pledge United yang merupakan program kolaborasi antara Inspire, Kedutaan Belanda, KNVB, Upshot, dan Kalyana Shira Foundation tersebut berkomitmen untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan melalui pelatihan Sepak bola kepada remaja.

“Usia remaja adalah masa yang tepat untuk diberikan pemahaman soal ini (pencegahan kekerasan terhadap perempuan) karena jika sudah dewasa akan sulit,” kata Jonathan kepada wartawan.

Baca Juga:  Bobotoh Berulah, Persib Dapat Sanksi Dari Komdis PSSI

Dia menuturkan, pelatihan ini akan dilakukan selama delapan minggu dan di ikuti oleh 25 pelatih. Para peserta akan di latih melalui kurikulum skill sepak bola yang di dalamnya juga berisi pemahaman untuk menghormati dan membela hak-hak perempuan.

“Dalam pelatihan delapan minggu itu mereka semua di latih untuk menghormati hak-hak, respek, ampuni, dan bagaimana menjadi pemimpin di masyarakat dalam mencegah kekerasan terhadap perempuan,” jelasnya.

Sementara itu, salah peserta, Mansyur (15), menyampaikan bahwa setelah mengikuti program dari Pledge United ini, dirinya menjadi vokal terhadap anti kekerasan kepada perempuan yang ada di sekolahnya.

Baca Juga:  Piala AFC Jadi Ambisi Persib Bandung di Turnamen Internasional

“Saya mendengar teman saya mengeluarkan kata-kata yang merendahkan yang merendahkan perempuan. Lalu saya tindak mereka dengan mengatakan bahwa itu tidak benar.” ucap Siswa Kelas 1 SMK ini.

Perlu diketahui, hingga pertengahan tahun 2020 mendatang, Pledge United akan digelar di 12 Kota di Indonesia seperti Jakarta, Medan, Pontianak, Manado, hingga Wamena, dengan target 10.000 peserta yang berasal dari kalangan remaja. (RNU)