Ribuan Pelajar Meriahkan Angklung’s Day 2019 di Gedung Sate

JABARNEWS | BANDUNG – Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Daud Achmad membuka Angklung’s Day Tahun 2019 dengan menggetarkan angklung bersama para 6.000 pelajar TK-SMA dari 133 grup angklung se-Jabar di Halaman Gedung Sate Kota Bandung, Minggu (24/11/2019).

Daud menilai, Angklung’s Day dengan melibatkan para pelajar se-Jabar ini merupakan kegiatan positif untuk melestarikan angklung.

“Saya yakin mereka akan terpatri di hatinya bahwa angklung ini adalah betul-betul musik tradisional Indonesia khususnya musik tradisional yang berada di Jawa Barat,” kata Daud.

Baca Juga:  Imbauan Ridwan Kamil untuk Warga DKI Jakarta

Daud pun yakin melalui momentum Angklung’s Day kelestarian alat musik yang dibuat dari bambu ini bisa lestari bahkan berkembang tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Pasalnya, kata dia, angklung mampu memainkan nada-nada musik internasional seperti lagu dari daerah negara Afrika Selatan, Mexico, Jepang, Australia dan Brazil.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dukung Pembangunan Multidimensi Subang, Ini Alasannya

Selain itu, Daud meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar untuk lebih getol memperkenalkan angklung termasuk di tempat wisata.

“Saya yakin di unit-unit sekolah biasanya itu ada grup angklung, nah grup angklung ini harus kita rawat. Bagaimana cara merawatnya? Tampilkan mereka di hotel-hotel khususnya di hotel-hotel yang biasa menampung (khususnya) wisatawan mancanegara,” tutupnya.

Perlu diketahui, event Angklung’s Day ini digelar oleh KABUMI (Keluarga Besar Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia dan sudah dihelat selama sembilan tahun sejak angklung ditetapkan sebagai warisan budaya dunia tak benda atau World Intangible Heritage oleh UNESCO pada 2010.

Baca Juga:  Tracing Klaster Pabrik Unilever, Ridwan Kamil: Alhamdulillah Sudah Terkendali

Dalam acara tersebut, para peserta juga memainkan medley lagu daerah se-Nusantara mulai dari Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, hingga Papua. (RNU)