bjb

Kemendagri Catat Sebanyak 431 Ribu Ormas di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Indonesia, tercatat per 22 November 2019, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat jumlah ormas tersebut menembus angka 431 ribu lebih.

Pendataan yang terus dilakukan tersebut, terbagi menjadi tiga kategori ormas, yakni yang telah mendapatkan surat keterangan terdaftar (SKT) di Kemendagri, ormas berbadan hukum yang terdaftar di Kemkumham, dan ormas yang terdaftar di Kementerian Luar Negeri.

"Berdasarkan surat keterangan terdaftar itu ada 27.015. Di mana di Kemendagri itu terdaftar sebanyak 1.891 ormas, di provinsi 8.170 ormas, dan di kabupaten/kota 16.954," ujar Hadi Prabowo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, dilansir dari Kumparan.com, Senin (25/11/2019).

Sedangkan, Hadi menambahkan, ormas yang berbadan hukum dan terdaftar di Kemkumham berjumlah 404.379. Terdiri atas yayasan 226.994 ormas, yang bersifat perkumpulan sebanyak 167.385 ormas.

Baca Juga:

Cegah Penyalahgunaan Dana Desa, Tim Sekber Lakukan Monev

Pansus III DPRD Jabar Kaji Pembentukan BUMD Tangani Perumahan Rakyat

"Sementara untuk ormas yang tercatat di Kementira Luarnegri berjumlah 71 ormas," ujar Hadi.

Selain itu, Kemendagri mengingatkan seluruh ormas harus berpedoman pada dasar pendirian ormas, dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai landasan serta dasar negara.

"Kemudian harapan kita bersama, eksistensi, dan kesadaran kolektif akan benar-benar dapat ditingkatkan kualitasnya. Dan ormas bisa memberi kemanfaatan dan kontribusi baik kepada masyarakat pemerintah, dan tentu upaya percepatan berbagai tujuan NKRI," pungkasnya. (Red)


Tags : Ormas Indonesia Kemendagri Jumlah Ormas Indonesa Kementian Luar Negri.

berita terkait

Mendagri Bantah Ada Politisasi Izin FPI dengan Pemulangan Rizieq

Tarik Tambang Kemendagri-BNPP Pecahkan Rekor MURI

Masyarakat Pertanyakan Minimnya Blangko e-KTP

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi