Bangun Ekosistem Digital, AMSI Gelar Indonesia Digital Conference 2019

JABARNEWS | BANDUNG – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), terus bergerak untuk memperkuat jati dirinya sebagai perhimpunan perusahaan media massa online. Dalam banyak aktivitas yang digelar, semangat yang terus dijaga di antaranya adalah memajukan industri digital di Indonesia.

Kini, AMSI berniat mengadakan event tahunan bernama Indonesia Digital Conference (IDC) 2019. Event ini diharapkan bisa menjadi ajang interaksi di antara para pelaku industri digital, pemerintah pusat dan daerah, akademisi, serta perusahaan pengelola media siber yang akan digelar di Ballroom Djakarta Theater Jakarta Pusat, Kamis mendatang (28/11/2019).

IDC 2019 juga diharap menjadi ajang diskusi dan apresiasi bagi para pelaku industri digital di Indonesia. Karena dalam event ini, peserta akan diajak mengikuti konferensi sehari penuh yang akan membahas perkembangan terkini industri digital Tanah Air.

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, menjelaskan, IDC 2019 merupakan ajang yang digagas para pengurus AMSI sebagai wadah saling tukar pengalaman, gagasan, dan strategi membangun ekosistem digital yang diperlukan untuk masa depan.

Baca Juga:  59 Tahun Sudah Kakek Sebatangkara Jual Tahu Keliling di Purwakarta

“Dalam zaman digital, semua yang dulu tidak mungkin bisa menjadi mungkin berkat lompatan teknologi dan inovasi. Bisa jadi, antarperusahaan yang dulu bersaing sengit justru harus bergandengan mesra, berkolaborasi, berorkestrasi agar bisa tumbuh, berkembang dan maju bersama-sama,“ kata Manggut.

Sebagai organisasi yang mewadahi perusahan media siber, AMSI sangat aktif menggagas dan mendorong terciptanya ekosistem bisnis digital yang sehat, kompetitif, dan menumbuhkan peluang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Salah satu kata kuncinya adalah, selain membuka pasar digital secara terbuka, kita juga membutuhkan regulasi yang fair dan memberi iklim usaha yang sehat dari penyelenggara negara. Bentuknya apa, ini salah satu yang jadi bahasan pokok, bagaimana Indonesia menyiapkan transformasi peradaban digital,” tambahnya.

Ketua Penyelenggara IDC 2019, Metta Dharmasaputra, menyatakan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka ajang yang akan menjadi event tahunan AMSI ini. Panitia telah menyiapkan empat panel diskusi dengan tema berbeda.

Baca Juga:  Tren Spirit Doll di Kalangan Artis, Buya Yahya Angkat Bicara

Panel pertama dengan tema “Transformasi Korporasi Menghadapi Industri 4.0” menghadirkan narasumber Dwi Soetjipto (Kepala SKK Migas), Mas’ud Khamid (Direktur Pemasaran Retail Pertamina) dan Andi Kristianto (Ceo Telkomsel Mitra Inovasi).

Panel kedua menyorot digitalisasi dalam bisnis perbankan nasional dengan tema “Strategi Baru Perbankan di Era Digital”. Narasumbernya antara lain Anggoro Eko Cahyo (Direktur Bisnis Konsumer BNI), Leonardo Koesmanto (Head of Digital Banking Bank DBS), dan Indra Utoyo (Direktur PPT Bank Rakyat Indonesia).

Panel ketiga bertema “Fintech dalam Percepatan Inklusi Keuangan” menghadirkan narasumber Eddie Danusaputra (CEO Mandiri Capital), Karaniya Dharmasaputra (Presiden Direktur OVO), dan Dicky Wijaya (Chief Information Officer Investree).

Pada sesi terakhir, “Platform Digital Untuk Ekonomi Rakyat” menghadirkan narasumber Farid Naufal Aslam (CEO Aruna), Pamitra Wineka (Presiden & co-Founder Tani Group), serta Yudi Tri Sanjaya (EEO Bakpiaku).

Baca Juga:  Pemkot Bogor Dapat Rp 22 Juta Dari Pelanggar PSBB, Uangnya Untuk Apa?

Selain para pelaku ekonomi digital, IDC 2019 juga akan dibuka oleh sejumlah Keynote Speaker seperti Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro; dan pendiri Lippo Group, Mochtar Riady.

“Melalui ajang IDC 2019, AMSI berharap bisa memberi ruang berbagi ide, gagasan, dan strategi bersama pemerintah menyambut gelombang dahsyat bernama revolusi digital,” ujar Metta.

IDC 2019 bisa terselenggara berkat dukungan sejumlah sponsor antara lain Bank BNI 46, Pertamina, SKK Migas, Gojek, ExxonMobil Indonesia, Inpex Indonesia, Adaro Energy, Tokopedia, dan OVO.

Panitia masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti konferensi IDC 2019 secara cuma-cuma. Namun, karena keterbatasan ruangan, peserta harus mendaftar melalui link DISINI atau melalui WA 081295302195. (Red)