Antisipasi Kecelakaan, Dishub Cianjur Cek Kendaraan Umum Laik Jalan

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan jelang Natal dan Tahun baru, akan melakuan pengecekan kendaraan umum guna memastikan kendaraan laik jalan

Menurut Iqbal Safarudin, Kepala Seksi Management dan Rekayasa Lalulintas Dishub Cianjur mengatakan, sepekan sebelum libur panjang natal dan tahun baru, Pemeriksaan kelaikan kendaraan atau ramcek dilakukan yang akan terpusat di Terminal Pasirhayam.

Baca Juga:  Potret Kemiskinan di Cianjur: Anak Idap Meningokel, Hidup Prihatin di Tanah Desa

“Ini sebagai upaya untuk menghindari kecelakaan yang menimpa kendaraan umum,” ujar Iqbal, Senin (25/11/2019)

Kemudian, sejumlah pemeriksaan kendaraan umum jenis bus dan minibus serta angkutan kota itu, meliputi kondisi mesin, kualitas ban, rem dan fungsi kendaraan lainnya untuk memastikan laik beroperasi.

“Kalau ditemukan ada angkutan yang tidak laik jalan, kami tidak akan izinkan untuk beroperasi sebelum dilakukan perbaikan,” kata dia.

Baca Juga:  Seorang Pria Paruh baya ditemukan tewas di Bekas Boks kontainer di Purwakarta

Selain itu, pihaknya juga akan membuat posko di sejumlah titik, seperti di Jalan Raya Cipanas, Haurwangi dan di depan Kantor Dishub Cianjur, termasuk berkoordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur, dalam mencegah terjadinya kemacetan dengan melakukan sejumlah rekayasa arus lalulintas termasuk menyiagakan petugas di sejumlah jalur alternatif.

“Di jalur Sukaluyu kami siapkan jalur alternatif melalui Desa Selajambe dan tembus ke jalan protokol. Sedangkan di jalur rawan macet seperti Puncak dan Ciranjang akan diterapkan sistem satu arah jika terjadi antrian panjang kendaraan,” katanya.

Baca Juga:  Refleksi Akhir Tahun, GP Ansor Purwakarta Bahas Kaderisasi di Tengah Pandemi

Sementara itu, pihaknya berharap dalam perayaan natal dan tahun baru tahun ini, tidak terjadi macet total dan angka kecelakaan menurun agar angkutan umum dan wisata dapat melintas dengan aman dan nyaman. (Ara)