Siceupol, Berikan Kebutuhan Informasi PBB

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sekarang ini layanan kepada masyarakat bukan hanya secara konvensional, tetapi perlu juga dengan sistem digital yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Khususnya lagi informasi akan kewajiban membayar pajak.

Hal itulah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Purwakarta melaunching e-PBB atau sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat Purwakarta dalam mengakses informasi tagihan pajak bumi dan bangunan dengan sajian data informasi tahun berjalan serta tahun-tahun sebelumnya dengan nama Siceupol.

Aplikasi yang dilaunching pada Maret 2019 lalu, sangat memudahkan masyarakat, terutama dalam mengakses informasi PBB.

Baca Juga:  Komisi V DPRD Jabar: Beban Penanganan Pendidikan Diserahkan ke Masing-masing KCD

“Biasanya kita harus ke kantor Bapenda, sekarang cuman via handphone sudah sangat mudah,” ujar Didin warga Darangdan, Purwakarta, Senin (25/11/2019).

Aplikasi yang diberi nama Siceupol tersebut menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, bisa memudahkan masyarakat dalam kebutuhan informasinya terkait PBB. Apalagi zaman digital ini sangat diperlukan karena bagian dari pelayanan masyarakat.

“Sebuah inovasi yang harus diapresiasi, karena ini bentuk percepatan pelayanan kepada masyarakat, dan kita tidak repot harus datang ke kantor Bapenda,” ujar Anne di Purwakarta.

Selain itu menurut Bupati yang biasa disapa dengan Ambu Anne, dengan kehadiran aplikasi Siceupol, diharapkan mampu memotivasi serta meningkatkan pendapatan daerah, karena dengan begitu masyarakat bisa dimudahkan.

Baca Juga:  Cak Imin: Ajaran Pancasila Mampu Bawa Indonesia Lewati Masa Sulit

“Aplikasi ini hadir ditengah masyarakat sehingga diharapkan mempermudah serta meningkatkan kontribusi terutama dalam PBB,” ungkap Anne.

Sedangkan menurut Kepala Bapenda Purwakarta, Nina Herlina mengungkapkan dengan adanya aplikasi Siceupol adalah bagian dari peningkatan mutu pelayanan serta mendekatkan diri kepada masyarakat akan kehadiran Bapenda.

Dalam sistem ini akan membantu masyarakat untuk mengetahui informasi data wajib pajak, subjek pajak dan tagihan pembayaran pajak, bahkan tahun sebelumnya pajak yang belum dibayarkan akan ada informasinya serta aplikasi ini bisa meningkatkan PAD Purwakarta.

Baca Juga:  Ingin Dunia Karir Kalian Maju? Lakukan Cara Ini

“Aplikasi ini kita beri nama Siceupol yaitu Sistem Informasi Cek PBB online, masyarakat tidak perlu repot datang ke Bapenda cukup mengakses melalui aplikasi. Jadi mengecek PBB semudah menelepon,” ujar Nina.

Meskipun begitu nampaknya aplikasi tersebut sangat membantu masyarakat, hal itu bisa terlihat dari mudahnya masyarakat dalam mengakses informasi.

“Sasaran lainnya setelah masyarakat mudah akses informasinya, juga terbangun akan kesadaran membayar pajak,” katanya. (Adv)