bjb

Catat.. Plat Nomor Kendaraan Ini Bukan untuk Sembarang Orang

Ilustrasi (foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG - Ramainya lalu lintas jalan yang kerap dipadati pengendara bermotor dimulai dari kalangan bahawah hingga gegeden ada semuanya. Namun, pernahkah bertanya-tanya mengenai arti plat nomor dari sebuah kendaraan? 

Nah, jika melihat melihat kendaraan yang biasanya dalam pengawalan polisi, kendaraan tersebut memiliki plat nomor yang berujung RF* seperti "B ** RFS" juga "B ** RFD", bagi yang mengetahui arti kode tersebut, sudah dapat dipasti petinggi negara siapa yang ada di dalamnya.

Plat nomor tersebut sebenarnya dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat-pejebat dinas berwenang dan penggunaanya bukan untuk warga sipil. Untuk mendapatkanya pun harus mendapat surat rekomendasi dari badan-badan sebuah instansi yang menaunginya dan kemudian dikirimkan ke samsat.

Contohnya: Anda bekerja di polda metrojaya, apabila Anda ingin mendapat jatah plat nomor rahasia, Anda akan mendapat plat dengan akhiran RFP (Reformasi Polisi).

Nah, Berikut ini daftar plat rahasia kendaraan dinas yang belum banyak diketahui, cermati!

BS : Bantuan Sekretariat Negara (digunakan untuk kendaraan pejabat sipil)
BP : Bantuan Polisi (digunakan untuk kendaraan pejabat/petugas kepolisian)
BD : Bantuan Darat (digunakan untuk kendaraan petinggi / keperluan angkatan darat)
BL : Bantuan Laut (digunakan untuk kendaraan petinggi / keperluan angkatan laut )
BU : Bantuan Udara (digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan angkatan udara)
BH : (digunakan untuk kendaraan petinggi, atau keperluan departemen hankam)

Karena saat ini huruf akhiran pada plat mobil berubah, dari 2 digit huruf menjadi 3 digit huruf, maka plat dinas berubah dengan fungsi yang sama menjadi:

RFS : Reformasi Sekretariat Negara
RFP : Reformasi Polisi
RFD : Reformasi Darat
RFL : Reformasi Laut
RFU : Reformasi Udara

Kode nopol tersebut masih banyak lagi untuk pejabat sipil yang dipakai oleh kendaraan di jalanan ibukota, seperti RFO, RFQ, RFR, RFT, RFV, RFW, PRQ, PRO, ZF, ES, dan yang lain-lain.

Selain itu, Plat RF* hanya memiliki masa aktif selama setahun saja, dan diawali dengan angka 1 atau 2 serta 4 digit. Apabila ada plat RF* yang awalannya bukan angka 1 atau 2 dan hanya memiliki 3 atau 2 digit serta masa aktif plat nya 5 tahun berarti plat tersebut adalah plat nomor pribadi atau warga biasa yg dipesan khusus.

Pada dasarnya nopol khusus tersebut itu aslinya ialah pelat merah, atau pelat POLRI / TNI, yang kemudian dihitamkan. contoh: B 1234 PQO (merah), maka versi plat hitamnya ialah B 1344 RFS (hitam). Selain itu mobil aparat pemerintahan biasanya berakhirkan KQ, ES, IR, ZF.

Untuk memiliki plat nomor khusus tersebut diperlukan biaya yang tidak sedikit, contohnya:

RFS empat angka kepala 1, 20 jutaan ( B 1*** RFS )
RFS empat angka kepala 2, 10 jutaan ( B 2*** RFS )
RFS tiga angka kepala bebas, 3 jutaan ( B * RFS )

Sebagai info, Polisi Militer (PM) tidak bisa menindak kecuali RFD dan RFT, karena Tugas dari Polisi Militer adalah menindak TNI bukan sipil. Plat “RFS” juga dipakai oleh Presiden RI dan Ibu Negara saat sedang tidak bertugas.

Beda halnya apabila sipil memakai sticker, jaket, dan atribut TNI yang lain lain baik mengaku keluarga besar atau dapat dari saudara yang bekerja pada Instasi TNI akan tetap di tindak PM.

Sementara itu, itu mobil milik korps diplomatik (Kedutaan besar maupun organisasi internasional) memiliki kode khusus, yakni CD ( singkatan dari Corps Diplomatique) atau CC (singkatan dari Corps Consulaire), diikuti dengan angka. Untuk mendapatkan STNK dan BPKB, haruslah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri.

Mobil operasional staf korps diplomatik memiliki nomor polisi serupa dengan kendaraan pribadi (dasar hitam dengan tulisan putih) namun dengan format khusus yakni memiliki lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian. Contoh: "B 81877 25" berarti mobil ini adalah kendaraan operasional staff korps diplomatik China. (Red)




Tags : Kode awalan RF Plat Nomor Khusus Plat Nomor Pejabat Mobil Dinas Khusus Jabarnews Berita Jawa Barat berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi