bjb

Terbatasnya Sediaan Air, Sejumlah Petani Tunda Tanam di Karawang

Ilustrasi lahan persawahan, (foto: Net)

JABARNEWS | KARAWANG - Kepala Dinas Pertanian Kerawang, Hanafi, mengungkap saat ini hujan belum merata untuk wilayah Karawang. Seiring dengan itu, debit air di saluran irigasi juga belum maksimal. Kondisi itu mengakibatkan tertundanya musim tanam.

"Seharusnya petani sudah mulai menanam sejak Oktober 2019. Tapi belum semua petani melakukan penanaman karena terbatasnya ketersediaan air irigasi," tambah dia.

Kemudian tambahnya, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada petani terkait masih terbatasnya persediaan air saluran irigasi untuk memenuhi kebutuhan petani.

"Areal sawah yang sudah tanam di sejumlah daerah sekitar Karawang sudah mencapai 138.533 hektare" ujra Hanafi, Senin (26/11/2019)

Baca Juga:

Antisipasi Kecelakaan, Dishub Cianjur Cek Kendaraan Umum Laik Jalan

Inilah Beberapa Wisata Bogor yang Menawarkan Kealamiannya

Atas kondisi itu, Hanafi sudah meminta petani menunda tanam hingga persediaan air di saluran irigasi mencukupi. Berharap agar pada Desember 2019 musim tanam sudah bisa dimulai di Karawang. Sehingga tertundanya musim tanam tidak berlangsung lama.

Seperti di ketahui, luas lahan sawah di Karawang totalnya mencapai 95 ribu hektare. Jika dalam setahun ada dua musim tanam atau dua kali tanam, maka target tanam padi di wilayah Karawang selama setahun mencapai 190 ribu hektare.

"Dari target tanam padi seluas 190 ribu hektare, hingga Oktober 2019 areal sawah yang sudah tanam mencapai 138.533 hektare," ujarnya. (Ara)


Tags : Petani Karawang Petani Tunda Tanam Distan Karawang Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkni

berita terkait

Tips Cerdas Cara Miliki Mobil Hanya Gaji 3 jutaan

Berkat Bantuan Pemerintah Karawang tetap Menjadi Lumbung Beras

Kementan gelar pertemuan dengan Petani Karawang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi