Jalur Purwakarta-Subang via Wanayasa Kembali Normal Pasca Longsor

JABARNEWS | PURWAKARTA – Peristiwa ambrolnya dinding Tembok Penahan Tanah (TPT) membuat longsoran tanah menutup akses jalan di Jalan Raya Wanayasa Kampung Pamempeuk, Desa Wanasari, Kecamatan Wanayasa (Sebelum Situ Wanayasa.red), Kabupaten Purwakarta sempat terhambat, pada pada Senin (25/11/2019) sekira pukul 16.55 WIB kemarin.

Kini jalur penghubung antara Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Subang sudah kembali normal dan dapat dilalui oleh kendaraan yang melintas.

Baca Juga:  Sebanyak 1.080 Orang di Majalengka Terpapar Covid-19, Hanya 51 yang Dirawat Rumah Sakit

“Jalur Wanayasa saat ini sudah dapat dilalui dua arah, situasi aman terkendali,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno, saat dihubungi melalui selulernya, Selasa (26/11/2019)

Meski demikian, Sutikno mengimbau para pengendara untuk tetap waspada ketika melintas di jalur Wanayasa, khususnya di lokasi rawan terhadap longsor.

Baca Juga:  Polisi di Majalengka Temukan Ratusan Botol Miras Ilegal dalam Mobil yang Terparkir

“Jika melihat kondisi pondasi, tidak menutup kemungkinan terjadi longsor susulan di lokasi tersebut, terlebih jika kembali turun hujan dengan intensitas tinggi,” ucapnya

Pihaknya mengimbau agar warga masyarakat terutama para pengguna jalan yang melintasi jalur Wanayasa, terutama saat turun hujan untuk berhati-hati karena selain jalan licin dan berkelok-kelok, mewaspadai tanah longsor dan pohon tumbang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Tabrak Pick Up, Truk Di Tol Medan-Tebing Tinggi Terbalik

“Saat ini iklim cuaca yang tidak menentu dan intensitas turun hujan meningkat bahkan disertai angin, sehingga diharapkan warga masyarakat untuk berhati hati dan mewaspadai terjadinya tanah longsor dan banyak pohon yang sudah tua sewaktu waktu bisa roboh terutama di wilayah jalur Wanayasa,” pungkasnya. (Gin)