Jabar Peringkat Pertama Provinsi Intoleran, Wagub Uu: Saya Tak Sepakat

Anggapan Jawa Barat sebagai daerah intoleran telah ada sejak lama, namun tidak pernah terbukti.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat jumpa wartawan di Bandung. (Foto: Rian/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Hasil survei SETARA Institut yang menyebut Jawa Barat sebagai daerah paling intoleran. Dari 10 provinsi, ada 629 peristiwa intoleransi yang disebut paling tinggi dan terjadi di Jawa Barat.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum tidak sepakat dengan hasil survey tersebut. Pasalnya mayoritas masyarakat di Jawa Barat adalah pemeluk agama Islam, di mana sejumlah daerah Islamnya sangat kental dan religius. Ketika masyarakat di suatu daerah semakin religius, mereka dinilai akan mampu menghargai berbagai perbedaan.

Baca Juga:

Hadeuh! Video Asusila Berkembang Di Jabar

Polda Jabar Lakukan Peletakan Batu Pertama RS Bhayangkara Sartika Asih



"Justru masyarakat yang religius adalah memahami dan melaksanakan agama. Dalam agama kita diajarkan terkait toleransi," kata Uu kepada wartawan di Bandung, Selasa (26/11/2019).

Selama menjabat Bupati Tasikmalaya dan sekarang Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu belum pernah mendengar adanya perundungan dari masyarakat muslim terhadap etnis tertentu. Selain itu, warga non-muslim di Jawa Barat pun selama ini tidak ada yang mengadukan adanya persekusi.

"Misal non-muslim dikafir-kafirkan dan dicemoohkan, kayaknya tidak ada," ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Survey Setara Institut Daerah Intoleran Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Persekusi Komnas HAM Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Wagub Jabar Gelar Perayaan HUT RI di Tanah Suci

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi