Kang Emil Usul Bentuk Forum Komunikasi APPSI ke Pemerintah Pusat

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk membuat forum komunikasi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dengan Menteri.

Menurutnya, forum tersebut akan menjadi ruang bagi Pemerintah Provinsi untuk berdiskusi dengan Pemerintah Pusat.

“Jadi, usul saya kita ciptakan sebuah cara bahwa keluhan-keluhan kami para Gubernur ada mekanisme baru. Karena setengah dari tugas kami adalah perwakilan pemerintah pusat, tapi energi dan power-nya tidak terlalu kuat,” kata Emil dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI ke-VI 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/19).

Baca Juga:  Pjs Gubernur Diminta Netral dan Objektif

Emil optimistis, jika forum komunikasi terbentuk, pembangunan Indonesia akan semakin cepat. Karena, dengan terciptanya ruang komunikasi khusus dapat mempertemukan para Gubernur dengan para Menteri di waktu yang rutin

Baca Juga:  Antisipasi Banjir, Ridwan Kamil Kebut Pembangunan Bendungan

“Pemerintah Pusat memberikan ruang rutin jadi kami bisa tracking permasalahan pembangunan di daerah,” Jelasnya.

Usulan Emil tersebut disambut baik oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas RI, Rudy Soeprihadi bahwa pihaknya akan mulai merancang teknisnya.

“Saya pikir masukan dari Gubernur Jabar sangat bagus nanti akan kita atur teknisnya. Kita secara rutin bertemu antara Bappenas dan Bappeda. Intinya, kami sangat terbuka untuk berkomunikasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Tanpa Petugas Pemadam Kebakaran Warga Padamkan Api yang Lalap Sebuah Ruko

Perlu diketahui, dalam sidang Munas APPSI VI, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpilih menjadi ketua umum APPSI periode tahun 2019-2023. Anies pun langsung menerima bendera pataka APPSI yang diserahkan oleh Ketua APPSI Periode 2015-2019, yakni Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola. (RNU)