Dana Perawatan Besar, Warga Purwakarta Diminta Ikut Jaga Taman

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui meminta warga untuk menjaga dan tidak merusak keberadaan taman yang telah dibangun pemerintah.

Hal tersebut mengingat besarnya anggaran yang dikeluarkan untuk merawat sejumlah taman yang tersebar di 17 kecamatan di Purwakarta.

“Kita mengimbau masyarakat untuk ikut serta menjaga dan tidak merusak keberadaan taman yang ada. Karena biaya untuk perawatan taman itu cukup besar,” kata Kabid Pertamanan dan PJU, Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Purwakarta, Kosasi, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:  Tarik Tambang Kemendagri-BNPP Pecahkan Rekor MURI

Kosasi mengungkapkan, saat ini jumlah taman yang menjadi tanggung jawab pihaknya untuk melakukan perawatan sebanyak 68 taman yang tersebar di 17 kecamatan.

Baca Juga:  Rumah Panggung di Ciracap Sukabumi Hangus Terbakar Ketika Si Pemilik Pergi Nonton Balapan

Di tahun 2019 ini saja, ujar Kosasi, anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan taman-taman tersebut sebesar Rp6,5 miliar.

Kosasi menambah, untuk biaya perbaikan maupun perawatan sifatnya kondisional tidak dilakukan setiap hari. Artinya biaya yang dikeluarkan juga cenderung sedikit jika kondisi taman tetap dalam kondisi baik.

Baca Juga:  Sekretaris DPRD Jabar Dilantik Jadi Pj Bupati Garut

“Dari 68 taman, ada 1 taman membutuhkan dana pemeliharaan cukup besar, yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga, mencapai Rp1 miliar per tahunnya,” ujar Kosasi. (Zal)