Wacana Penghapusan IMB dan AMDAL, Begini Tanggapan DLH Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Wacana pemerintah menghapuskan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan izin mendirikan bangunan (IMB) demi menyederhanakan birokrasi yang dinilai menghambat investasi, menuai kekhawatiran banyak pihak dari berbagai daerah. Niatan pemerintah, kedua izin itu tak perlu cukup dengan rencana detail tata ruang (RDTR).

Rumah Sakit (RS) Pagelaran, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan dinas terkait dan konsultan, mengenai perencanaan analisis dampak lingkungan (AMDAL) Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:  Polisi Tegaskan Info Begal di Taman Pembaharuan Itu Hoax

Kepala Dinas (Kadis) melalui Kasi Kajian Dampak Lingkungan (KDL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Asep Hendriana mengatakan, kegiatan ini membahas apa saja yang akan menimbulkan dampak dan bagaimana cara untuk menanggulanginya mengenai Amdal.

“Disitu kan ada pemantauan dan pengelolaan lingkungan. Sehingga kalau terjadi sesuatu di lingkungan Rumah Sakit (RS) Pagelaran dapat dikelola sesuai dengan yang dihasilkan, bersama konsultan,” ujarnya.

Baca Juga:  Diterjang Longsor, Jalan Desa di Purwakarta Nyaris Putus

Ia menambahkan, hanya teknis penilaian saja. Jadi tidak semua, termasuk teknis dan komisi AMDAL dinas-dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur dan lainnya.

“Jelasnya konteks rakor ini dapat dikelola sesuai dengan asistensikan, tadi oleh konsultan. Kalau soal anggaran berapa kurang paham, itu kan anggarannya dari RS Pagelaran. Kita hanya tim teknis penilai dari dinas terkait saja,” terang Asep

Baca Juga:  Jadwal Imsakiyah dan Salat Wilayah Purwakarta, Subang, Karawang Rabu 19 April 2023

Ditanya soal rencana penghapusan Amdal dan IMB oleh pemerintah, aturan Amdal dan IMB karena dianggap menghambat investasi, Asep mengatakan dokumen perencanaan lingkungan di dalam isi dokumen amdal. Artinya bagaimana cara mengelola lingkungan dan lainnya, mungkin tidak dihapus, kalau informasi yang didapat itu tidak dihapus secara keseluruhan.

“Ya, cuman mungkin diganti bagaimana cara pengolahannya saja,” katanya. (CR2)