Bekerja Sama Dengan PMI, Baznas Jabar Gelar Donor Darah

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai wujud kepedulian kepada sesama yang membutuhkan donor darah, Baznas Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan oleh BTB Jabar bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa Donor Darah di kantor Baznas Jabar, Jl. Soekarno-Hatta No. 458, Bandung, Rabu (27/11/2019).

Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Barat, KH. DR. Arif Ramdani, M.H., mengungkapkan bahwa Baznas Jabar tidak hanya membantu warga masyarakat berupa penyaluran dana zakat, infaq dan sedekah, tetapi juga memberikan kepedulian dalam bentuk yang lain.

“Suatu nikmat yang sangat berharga dari Allah SWT., yaitu darah segar yang bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkannya, mengapa disebut darah segar, karena darah yang diambil dari orang yang sudah diperiksa dan dipastikan kesehatannya serta kondisi darahnya, apabila tidak memenuhi syarat, maka darahnya tidak bisa didonorkan,” kata Arif dalam keterangan yang diterima jabarnews.com.

Baca Juga:  Informasi Prakiraan Cuaca di Jawa Barat Berlaku Senin 27 Maret 2023

Kegiatan donor darah ini, kata dia, merupakan rangkaian bakti sosial menjelang penyelenggaraan Rakerda Baznas se-Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Desember 2019 di Gedung Sabilulungan dan Hotel Sultan Raja Soreang Kab. Bandung yang akan dimeriahkan dengan Pameran Produk Binaan Baznas Se-Jawa Barat, Penganugerahan Baznas Jabar Award 2019 bagi Baznas Daerah dan LAZ Daerah yang berprestasi.

“Dalam pengelolaan zakat, para kepala daerah, tokoh masyarakat, lembaga, institusi yang berjasa dalam mendukung keberadaan Baznas di daerah dan ikut mendorong gerakan sadar zakat di Jawa Barat, dan acara konser Amal sebar 10.000 Al Quran sampai Pelosok Jawa Barat bersama Grup Sabyan Gambus,” jelasnya.

Baca Juga:  Bawa Narkoba, Dua Warga Pematang Siantar Ditangkap Polisi

Sementara itu, Komandan BTB Jabar, Ferry menuturkan kegiatan donor darah ini dilakukan untuk yang pertama kalinya dan berjalan sukses. Hal ini bisa dilihat dari antusiasme seluruh karyawan yang sangat mendukung program ini, sehingga jumlah pendonornya mengalami peningkatan.

“Kegiatan Donor Darah ini kami selenggarakan dalam rangka berpartisipasi dalam penyediaan stok darah di PMI, karena permintaan dari beberapa rumah sakit beberapa waktu lalu sangat banyak,” tuturnya.

Baca Juga:  Pelajar SDN Cisaat Dapatkan Wasbang dari Prajurit TNI

Kegiatan sosial donor darah merupakan salah satu program baru yang diselenggarakan oleh Baznas Tanggap Bencana (BTB) Jawa Barat. Beberapa program BTB lainnya antara lain program pemeliharaan lingkungan ‘Penanaman Pohon’, sosialisasi dan simulasi kebencanaan, bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana alam, baik melalui aksi tanggap darurat maupun program-program bantuan rehabilitasi bersifat jangka panjang.

“Sebagai apresiasi, kami hadiahi tumbler bagi para pendonor, sebagai bentuk dukungan kampanye diet plastik, sehingga pembelian minuman yang berkemas plastik bisa berkurang, serta tidak terjadi penumpukan sampah plastik yang menyebabkan banyak bencana, contohnya banjir dan merupakan wujud nyata dalam Program PRB (Pengurangan Resiko Bencana),” pungkasnya. (RNU)