Jaringan 5G, Secara Bertahap Akan Rilis di Indonesia

JABARNEWS|BANDUNG – Memasuki jaringan generasi kelima yang juga di sebut jaringan 5G, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikaan jaringan generasi terbaru ini akan masuk ke indonesia secara bertahap.

Sebelumunya jaringan 5G sudah dibahas sejak masa jabatan Menteri Komunikasi dan informatka (Menkominfo) Rudiantara. Meski kini sudah berganti kepemimpinan , ambisi untuk menghaditrkan %G tetap ada.

Baca Juga:  Pelajar Merasa Senang saat Belajar dengan Prajurit TNI

“Ambisi kita gantung di atas langit. 5G ya kita mau 5G, saat ini di wilayah kedaulatan kita ada yang 2G ada 3G ada yang 4G kita harus selesaikan yang baik dulu,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, Senin (29/10/2019).

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kominfo, Ismail. Dia mengatakan, saat ini Indonesia ada pada tahapan mempersiapkan ekosistem.

Baca Juga:  Ketua DPRD Jabar Ajak Perempuan Waspada Gunakan Make Up

“Agar nanti pada saatnya 5G dirilis khususnya spektrum frekuensinya, kita menjadi tuan rumah dengan mempersiapkan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat buat kepentingan industri dan masyarakat,” kata Ismail.

Kemudian Ismail juga menekankan bahwa dalam mempersiapkan 5G infrastruktur dibangun tidak dapat berdiri sendiri, namun berkelanjutan, dan perlu dukungan dari semua pihak dalam industri.

Baca Juga:  Banyak Alamat Palsu dan Titipan, Gus Ahad Minta Kementerian Evaluasi Sistem PPDB

“Jadi dengan teman-teman operator mempersiapkan 4G sekarang dengan sebaik-baiknya, sebenarnya ini sudah menjadi landasan nanti pada saatnya untuk men-deliver 5G,” ujar Ismail.

Lebih lanjut Ismail menuturkan pengembangan 5G bukan merupakan infrastruktur standalone. Dia menggambarkan infrastruktur 5G sebagai kelanjutan dari yang ada sebelumnya. (Red)