Siswa SKPP Bawaslu Purwakarta Laksanakan Praktek Lapangan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Setelah mendapatkan sejumlah materi, para siswa Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Bawaslu Purwakarta hari ini mulai melaksanakan praktek lapangan, Kamis (28/11/2019).

Selama satu hari penuh para siswa SKPP akan mendatangi masyarakat secara langsung untuk melakukan studi kasus dan melakukan evaluasi pemilu untuk mengetahui persoalan secara langsung.

Baca Juga:  Situs SIPP PA Cianjur Kena Hack, Pelayanan Tidak Terhambat

“Siswa SKPP akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan mendatangi sejumlah tempat yang menjadi tempat penelitian mereka di lapangan,” kata Ketua Bawaslu Purwakarta Ujang Abidin, Kamis (28/11/2019).

Ujang menuturkan, para siswa SKPP Bawaslu Purwakarta ditugaskan mencari informasi sejauh mana tingkat partisipasi, money politik, dugaan pelanggaran, termasuk fungsi kelembagaan serta hal-hal lainnya.

Baca Juga:  Pantau Pelaksanaan Vaksinasi, Polisi di Mande Cianjur Beri Semangat Untuk Lansia

Kemudian, ujar Ujang, apa yang didapatkan dari analisa di lapangan akan dibuat laporan. Masalah-masalah yang ditemui akan dibahas secara aturan kepemiluan untuk kemudian dicarikan solusinya.

“Mereka diberi tugas untuk menggali informasi terkait evaluasi pemilu. Sejauh mana tingkat partisipasi, money politik, dugaan pelanggaran, termasuk fungsi kelembagaan. Jadi studi masalah langsung ke masyarakat,” jelas Ujang.

Baca Juga:  Dandim 0605 Subang Tinjau Penyortiran Surat Suara

Sebagai penutup, Ujang menambahkan, saat turun ke lapangan, para siswa SKPP akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok beranggotakan 6 orang dan masing-masing kelompok akan mendatangi sejumlah tempat yang sudah ditentukan oleh panitia. (Zal)