Sekretariat Fokus JP Didatangi Sekelompok Muda-Mudi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sekretariat Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP), yang berada di Gang Dahlia II, Kelurahan Nagri Tengah, Purwakarta, didatangi sekelompok pemuda-pemudi berseragam hijau taktikal, Kamis (28/11/2019).

Begitu datang, mereka langsung mengintrogasi sejumlah penghuni kantor yang keseluruhannya merupakan para Jurnalis. Mereka bertanya jumlah penghuni kantor, profil lembaga hingga partisipasi para wartawan saat Pemilu 2019 lalu.

Setelah terjadi dialog, diketahui rupanya pasukan hijau tersebut merupakan peserta Sekolah Kader Pengawasan Pemilu (SKPP) Bawaslu Purwakarta yang sedang ditugaskan menghimpun informasi lapangan. Salah satunya dari para Jurnalis yang tergabung dalam Fokus JP.

Baca Juga:  Jadwal Tayang Film di Bioskop CGV Kota Bandung

Yuslipar, perwakilan Fokus JP membenarkan kejadian tersebut. Kantornya didatangi para peserta SKPP. Kepada mereka, Awih, sapaan akrabnya menjelaskan wartawan di Purwakarta pada Pemilu 2019 cukup aktif melakukan pengawasan pemilu. Dari awal, pelaksanaan hingga pemilu selesai. Caranya tentu melalui pendekatan kejurnalistikan.

Baca Juga:  Sempat Buron, Pelaku Utama Penganiayaan di Gang Buana Indah Purwakarta Diringkus Polisi

“Bukan hanya pada sisi pengawasan dan penegakan hukum pemilunya, tapi juga menyangkut potensi masalah yang mungkin muncul saat itu. Itu juga kita beritakan. Tujuannya apa, tentu agar diantisipasi bersama. Bentuk pencegahan. Dan kita bersyukur Pilkada maupun Pemilu 2019 di Purwakarta berjalan aman dan lancar,” jelas Awih.

Baca Juga:  Penemuan Mayat Pria Paruh Baya Gegerkan Warga Cibeber Cianjur

Sementara, Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos, mengamini 60 peserta SKPP pada Kamis ini punya agenda pendidikan lapangan. Mereka ditugaskan mencari informasi ke sejumlah organisasi termasuk warga Purwakarta kaitannya dengan partisipasi mereka pada Pemilu 2019.

“Hasilnya, nanti akan mereka tuliskan dalam bentuk laporan. Dan laporan ini jadi bahan penilaian kelulusan SKPP,” ungkapnya. (Gin)