Ridwan Kamil Gratiskan SPP Untuk Seluruh Siswa SMA di Jabar

JABARNEWS | BANDUNG – Mulai tahun ajaran 2020/2021 seluruh siswa SMA sederajat di Jawa Barat tidak perlu membayar biaya sumbangan pembinaan pendidikan atau SPP alias sekolah gratis.

Hal itu dipastikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk peserta didik tingkat SMA dan sederajat di provinsi Jabar itu akan dimulai tahun ajaran baru Juli 2020.

“Kabar baiknya, alhamdulillah RAPBD Tahun Anggaran 2020 sudah diketok palu tinggal dievaluasi Kemendagri. Berita besarnya ialah alhamdulillah bisa dimulai SPP gratis untuk SMA sederajat,” kata Emil sapaan akrabnya di Gedung Sate Bandung, Kamis (28/11/2019).

Baca Juga:  Dollar Amerika Tekan Rupiah, Ekspor Keramik Plered Purwakarta Malah Meningkat

Gubernur mengatakan anggaran yang dialokasikan untuk SPP ialah mencapai Rp.1,4 triliun dan kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk SMA sederajat negeri saja namun juga untuk siswa yang tak lolos PPDB untuk difasilitasi menuntut ilmu di sekolah swasta.

Baca Juga:  Caketum HIPMI Investasikan Remote Tower Untuk Bantu Penerbangan Indonesia

“Bagi siswa tidak mampu dan tidak lolos PPDB atau siswa SMA swasta ada bantuan juga membuat mereka bisa terbaru sekolah swasta. Untuk MA bantuannya sama rapi disalurkan lewat Kanwil Kemenag Jabar,” ujarnya.

Dia mengatakan anggaran ini berasal dari penghematan sejumlah pos anggaran seperti bansos atau hibah hingga perjalanan dinas, sehingga bisa menemukan ruang Rp1,4 triliun per tahun untuk menggratiskan SPP.

Baca Juga:  Pramuka Garut Raih Berbagai Prestasi

“Seluruh pos diefisiensikan, yang paling besar mengencangkan ikat pinggang dihibah bansos. SPJ perjalanan dinas sampai Rp.150 miliar kita kurangi untuk PNS supaya keberpihakan layanan dasar di Jabar bisa hadir,” pungkasnya. (Ara)