Workshop Bunda Mendongeng Digelar Serentak di Seratus Kota Indonesia

JABARNEWS | JAKARTA – Workshop Bunda Mendongeng di Hari Dongeng Nasional diselenggarakan Kampung Dongeng Indonesia. Kegiatan digelar serentak di seratus kota di Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 28 November 2019.

Founder Kampung Dongeng Indonesia, Kak Awam Prakoso mengatakan Workshop Bunda Mendongeng tersebut sebagai komunitas yang fokus dalam memasyarakatkan dongeng sebagai media yang paling efektif dalam menyampaikan pesan dan menanamkan karakter serta nilai-nilai baik kepada anak.

“Selain untuk menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri orangtua terutama kaum ibu dalam mendongeng, kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada para orangtua akan pentingnya mendongeng sebagai sarana komunikasi persuasive dalam membangun karakter, mengatasi situasi dan kondisi yang dialami anak,

sekaligus sebagai salah satu media untuk mengukur tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Baca Juga:  Panjang Jimat Ditiadakan, Keraton Kacirebonan Tetap Gelar Tradisi Bekaseman

Kak Awam Prakoso menambahkan, Relawan Kampung Dongeng yang tersebar di seluruh Indonesia telah bekerjasama dengan beberapa sekolah dan komunitas di sekitar Kampung Dongeng masing-masing dalam rangka memfasilitasi para Bunda untuk belajar mendongeng secara gratis.

Baca Juga:  Lima Kaca Film Mobil Terbaik Saat Ini Yang Bisa Kalian Gunakan

“Semula Kampung Dongeng Indonesia hanya menargetkan 25–50 peserta di masing-masing titik, tetapi karena antusiasme yang begitu besar, di beberapa titik, peserta yang mengikuti workshop ini membludak melebihi quota yang ditentukan,” ujarnya.

Pada Workshop Bunda Mendongeng kali ini, Relawan Kampung Dongeng bertindak sebagai fasilitator sekaligus pendamping yang membekali dan membimbing para peserta untuk praktik langsung secara mandiri bagaimana mendongeng dan membacakan cerita di hadapan anak dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

Baca Juga:  IPDN Buka Seleksi Penerimaan Calon Praja 2020, Catat Tanggalnya

“Setelah mengikuti kegiatan tersebut diharapkan para Bunda dapat lebih memegang perannya sebagai Madrasatul Ula (pilar utama) dalam keluarga, sehingga dapat menciptakan keakraban dan quality time yang ideal melalui cerita-cerita yang berkesan dan menceriakan untuk anak-anaknya,” harapnya.

Melaksanakan kegiatan mendongeng ini tujuannya adalah untuk mengajak para orang tua agar dapat membacakan dongeng ataupun cerita kepada anak-anak sebelum mereka tidur. (Fan)