Rumah Pintar Pemilu Hadir di Purwakarta, KPU Edukasi Pemilih Pemula

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purwakarta menyediakan rumah pintar pemilu sebagai sarana pendidikan demokrasi bagi masyarakat, meski Kabupaten Purwakarta belum kebagian dalam menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun depan.

Menurut, Ketua KPU Purwakarta, Ikhsan Faturrahman, kegiatan di dalam rumah pintar pemilu tersebut diantaranya sosialisasi kepemiluan dan edukasi wisata politik.

Baca Juga:  Rawan Kecelakaan, PJU Di Jalur Banjar-Langensari Tak Berfungsi

“Rumah Pintar Pemilu disediakan bagi masyarakat khususnya para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengakses pengetahuan demokrasi dari mulai regulasi hingga praktek pemilu di Purwakarta,” ucap ikhsan, Kamis (28/11/2019).

Di dalam rumah pintar pemilu, lanjut dia, pihaknya menyediakan ruang audio visual, miniatur pencoblosan dan lainnya.

“Tiap bulan kita komunikasi ke sekolah-sekolah, kita jadwalkan sekolah untuk berkunjung sampai saat ini baru ada dua sekolah yang berkunjung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Warga Karawang Ada Info Loker Posisi Operator Produksi di PT JGemilang Jaya Berkarya, Gajinya Diatas 5 Juta

Rumah Pintar Pemilu yang dibuka sejak Selasa kemarin, Ikhsan berharap dikunjungi oleh guru PKN se-Purwakarta untuk jadi bahan pengetahuan demokrasi.

“Diharapkan juga ada kunjungan dari guru PKN tiap sekolah, organisasi mahasiswa dan masyarakat umum yang peduli terhadap kepemiluan untuk bisa berkunjung,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemkab Karawang Kebut Perbaikan Jalur Mudik Khusus Untuk Sepeda Motor

Dijelaskannya, prosedur yang mesti ditempuh untuk melakukan kunjungan sangat sederhana pihak sekolah atau organisasi hanya perlu berkirim surat ke KPU.

“Prosedur yang harus ditempuh berkirim surat saja ke KPU, untuk berkunjung, nanti bisa dijadwalkan oleh pihak KPU,” tandas Ikhsan. (Gin)