Dongeng Lintas Generasi Tumbuhkan Budaya Literasi di Cirebon

JABARNEWS | CIREBON – Mendongeng merupakan sarana untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan dan budi pekerti kepada generasi muda. Dengan mendongeng, nilai-nilai yang ditanamkan bisa terus diingat hingga dewasa. Mendongeng merupakan warisan budaya leluhur yang tidak boleh punah di negeri ini.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Cirebon Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH., dalam kegiatan Dongeng Lintas Generasi, Kamis, (28/11/2019).

Azis menjelaskan mendongeng, bukan sekedar membacakan cerita pada anak. Namun mendongeng merupakan cara yang efektif untukk menanamkan nilai-nilai kebaikan, nilai solidaritas hingga nasionalisme kepada generasi muda.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta, Puji Kinerja Camat Jatiluhur

“Sekalipun saat ini teknologi semakin maju, budaya mendongeng yang merupakan kearifan lokal bangsa kita tidak boleh sampai punah,” tegas Azis.

Untuk itu, Azis menyambut baik kegiatan dongeng lintas generasi dan berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

“Apalagi akan berupaya untuk mencapai rekor Muri. Ini luar biasa,” ungkap Azis.

Dengan mendongeng juga menanamkan bibit-bibit literasi kepada generasi muda, khususnya generasi muda di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Disapu Angin Puting Beliung, Sepuluh Rumah di Purwakarta Porak-poranda

“Dengan cara mendongeng pula maka nilai-nilai yang sudah ditanamkan sejak kecil tersebut akan terus teringat hingga dewasa kelak,” ungkap Azis.

Pada kesempatan yang sama, Azis juga mengucapkan terimakasih kepada Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, yang telah menjadi bunda literasi Kota Cirebon dan mengawal bunda-bunda literasi tingkat Kota Cirebon untuk menyebarkan semangat literasi kepada anak-anak, generasi muda di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Kades Jatimekar Tersandung Kasus Hukum dan Belum Diberhentikan, Bupati Purwakarta Tanggapi Ini

Sementara itu, Drs. H. Jaja Sulaeman, M.Pd., Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cirebon mengungkapkan kegiatan yang mereka gelar kali ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya dongeng dari orangtua kepada anaknya.

“Sekaligus meningkatkan semangat literasi di Kota Cirebon,” ungkap Jaja.

Dengan kegiatan ini literasi di kota Cirebon semakin meningkat. Ini awal bagi dunia literasi utk wujudkan harapan bunda literasi, menunjukkan kepada masyarakat Indonesia, jika warga Cirebon mampu untuk mendongeng cerita rakyat. (One)