Gojek Kenalkan Ekosistem Dukung Pariwisata di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Selain terus mengembangkan teknologi dan inovasi, operasional Gojek telah memberikan dampak positif bagi perekonomian Bandung melalui UMKM dan pariwisata lokal melalui kegiatan Plesiran Bareng Gojek.

Hal ini tercermin melalui hasil riset independen Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), yang memaparkan bahwa kontribusi mitra Gojek kepada perekonomian Bandung di tahun 2018 mencapai Rp.2,1 triliun.

VP Regional Gojek Jawa Barat dan Banten, Becquini Akbar mengatakan, kontribusi berasal dari selisih pendapatan mitra dari sebelum hingga setelah mereka bergabung di Gojek. Khusus Mitra UMKM GoFood kontribusinya Rp.1,5 triliun, tumbuh 5 (lima) kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Wajib Tahu, Serba-Serbi CPNS 2019 Juga Kisi-Kisi Soal Tes

“Saat ini, 96 persen mitra merchant yang tergabung dengan GoFood adalah pelaku kuliner yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan,” kata Becquini di Ballroom Hotel Grand Serela Riau, Jl. LLRE Martadinata No.56, Citarum, Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, pertumbuhan kontribusi mitra UMKM GoFood ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi Gojek yang semakin gencar digunakan oleh mitra UMKM GoFood.

Kehadiran GoFood, lanjutnya, membuat Mitra UMKM berkesempatan untuk terus mengembangkan usahanya dengan meningkatkan volume dan omzet bisnis. Hal ini ditunjukkan dari data nasional, dimana 85 persen responden UMKM menginvestasikan kembali pendapatannya dari GoFood ke dalam usaha mereka.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Optimalkan Produksi Sampah Sebelum ke Pengolahan Akhir, Ini Prosesnya

“Lewat inovasi teknologi dan dukungan ekosistem Gojek secara keseluruhan, kami ingin mitra merchant di Bandung dapat terus tumbuh bersama GoFood dan mendukung pariwisata lokal,” lanjutnya.

Sementara itu, VP Regional Corporate Affairs Gojek, Michael Say menjelaskan, melalui kegiatan Plesiran Bareng Gojek hari ini di Bandung, Gojek membuktikan bahwa inovasi teknologi, mampu menghadirkan satu sistem terintegrasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

“Evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem, merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi bagi kebutuhan masyarakat secara menyeluruh,” jelasnya.

Plesiran Bareng Gojek di Bandung ini, kata dia, dilakukan dengan mengunjungi beberapa lokasi kuliner terbaik yang juga merchant GoFood seperti Kue Balok Brownies Mahkota, Kedai Mamah Eha, Bubur Haji Amid, GoFood Festival BEC dan Rumah Makan Malah Dicubo.

Baca Juga:  Curug Cipeuteuy Majalengka, Bikin Seger Wisatawan

Selain itu, tambah Michael, Plesiran Bareng Gojek turut mengunjungi Cibadak Culinary Night sebagai pusat kuliner malam di Bandung yang sistem pembayarannya didukung oleh layanan non-tunai dari GoPay.

“Lewat Plesiran Bareng Gojek, kami mengenalkan ekosistem Gojek sebagai operating system bagi masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat di Kota Bandung. Dari mulai bangun tidur sampai mengakhiri hari, masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek,” tutupnya. (RNU)