Bahas Cara Tangkal Hoaks, Ketua AMSI Bertemu Mahfud MD

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut, Rabu (27/11/2019) mengunjungi kantor Menko Polhukam Mahfud MD, guna membahas cara menangkal berita bohong atau hoaks.

“Kita membahas bagaimana cara menangkal hoaks, dan salah satu yang telah dilakukan AMSI yaitu melakukan kerjasama dengan media siber, salah satunya menghadirkan platform cek fakta,” Ketua AMSI, Wenseslaus Manggut kepada awak media usai bertemu Menko Polhukam, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga:  Seorang Anggota DPRD di Garut Meninggal Dunia Usai Terpapar Covid-19

Pria yang akrab disapa Kak Wens tersebut menilai, hal ini penting dilakukan, karena seharusnya media dapat memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Utamanya untuk menangkal isu hoaks yang cepat berkembang.

Baca Juga:  Aksi Bela Palestina, Ribuan Orang di Purwakarta Berjalan 2 Kilometer

“Kita lagi buat pelatihan dengan media, di daerah-daerah. Hampir semua daerah oleh pengurus AMSI sudah dibuat pelatihannya, dan sekarang sedang latihan di Jakarta,” tambahnya.

Baca Juga:  Oleh Soleh Ajak Generasi Muda Kembalikan Fungsi Masjid

Dalam waktu dekat, AMSI juga berencana meluncurkan platform cek fakta versi aplikasi WhatsApp. Sebab kebanyakan hoaks beredar melalui platform tersebut.

“Kita ada fiturnya, cek fakta, lewat sini (WhatsApp). Kalau publik ragu benar atau enggak. Cek saja faktanya di fitur kita,” jelasnya. (Red)