PWI Gelar OKK Ciptakan Wartawan Profesional di Cianjur

Orientasi wartawan saat ini, tujuannya dalam rangka memberikan bimbingan tentang jurnalistik

Para wartawan sedang mengikuti Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian di Gedung Bale Pawarti PWI Cianjur. (Foto: Mul/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR - Puluhan wartawan dari berbagai media baik online, cetak dan elektronik digodok mengikuti kegiatan orientasi tentang kewartawan dan keorganisasian, di gedung Bale Pawarti, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019).

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, perlu diketahui jadi seorang wartawan harus memiliki ilmu dasar. Jelasnya bisa ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW), agar memahami dan mengerti profesi digeluti banyak tantangan dan rintangan bila mengenai berita tidak akurat, terus tidak ada hak jawab. Jadi tetap kalau ada penemuan berita soal kasus wajib untuk konfirmasi terlebih dahulu.

Baca Juga:

Ridwan Kamil Minta Wartawan Jabar Rengkuh Juara di Powarnas 2020

PWI Ciamis Serahkan Bantuan Tongkat Kaki kepada Kakek Enji



"Nah, setelah data atau bahan akan ditulis sudah akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan baru diterbitkan," jelasnya saat sambutan berlangsung di gedung Bale Pawarti PWI Kabupaten Cianjur.

Hilman menambahkan, sesuai dengan penafsiran Pasal 3, cara-cara yang profesional adalah, diantaranya menguji informasi berarti melakukan check and recheck tentang kebenaran informasi. Lalu, bisa berimbang memberikan ruang waktu pemberian kepada masing-masing pihak secara proporsional, opini menghakimi adalah pendapat pribadi wartawan itu hal berbeda. Dengan opini interpretatife, yaitu mendapatkan berupa interpretasi wartawan atas fakta.

"Asas praduga tidak bersalah adalah prinsip tidak menghakimi seseorang," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Media Online Persatuan Wartawan Indonesia PWI Cianjur Bale Pawarti Uji Kompetensi Wartawan Kode Etik Jurnalistik PPRA PPMS Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

PWI Peduli Bagikan Al Quran untuk Warga Dewasari Ciamis

PWI Peduli Musibah Banjir Purwakarta

Kantor Biro JabarNews Cianjur Diserang Orang Tidak Dikenal

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi