PWI Gelar OKK Ciptakan Wartawan Profesional di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Puluhan wartawan dari berbagai media baik online, cetak dan elektronik digodok mengikuti kegiatan orientasi tentang kewartawan dan keorganisasian, di gedung Bale Pawarti, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Cianjur, Jumat (29/11/2019).

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, perlu diketahui jadi seorang wartawan harus memiliki ilmu dasar. Jelasnya bisa ikut Uji Kompetensi Wartawan (UKW), agar memahami dan mengerti profesi digeluti banyak tantangan dan rintangan bila mengenai berita tidak akurat, terus tidak ada hak jawab. Jadi tetap kalau ada penemuan berita soal kasus wajib untuk konfirmasi terlebih dahulu.

“Nah, setelah data atau bahan akan ditulis sudah akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan baru diterbitkan,” jelasnya saat sambutan berlangsung di gedung Bale Pawarti PWI Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  Peduli Yayasan dan UMKM, Anggota DPR RI Fraksi Demokrat Ini Berikan Bantuan Mobil

Hilman menambahkan, sesuai dengan penafsiran Pasal 3, cara-cara yang profesional adalah, diantaranya menguji informasi berarti melakukan check and recheck tentang kebenaran informasi. Lalu, bisa berimbang memberikan ruang waktu pemberian kepada masing-masing pihak secara proporsional, opini menghakimi adalah pendapat pribadi wartawan itu hal berbeda. Dengan opini interpretatife, yaitu mendapatkan berupa interpretasi wartawan atas fakta.

“Asas praduga tidak bersalah adalah prinsip tidak menghakimi seseorang,” katanya.

Sementara, Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Moch Ikhsan mengatakan, jadi wartawan dan mendirikan perusahaan media (online,cetak, dan elektronik tidak mudah atau segampang yang dikira. Harus ada roh atau marwah jurnalisnya ada. Diantaranya seperti memiliki kejujuran, akurat, objektif, berpihak pada kepentingan umum, meminimalkan kerusakan, dan akuntabel.

Baca Juga:  Imbas Kebakaran Para Pedagang TPO Tanjung Balai Mulai Mengeluh

“Orientasi wartawan saat ini, tujuannya dalam rangka memberikan bimbingan tentang jurnalistik, untuk meningkatkan profesionalisme,” katanya.

Masih menurut Ikhlas menyambungkan, juga sebagai persyaratan bagi wartawan yang hendak bergabung menjadi anggota baru di PWI Kabupaten Cianjur. Berharap kepada peserta yang mengikuti orientasi, dapat lebih memahami tentang pelatihan jurnalistik, dan menjadi wartawan berkualitas.

“Saya ucapakan terimakasih atas kehadiran rekan-rekan wartawan, mau mengikuti kegiatan orientasi ini. Semoga kedepanya dapat menjadi wartawan profesional,” ujar Ketua PWI Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:  Perwira Polisi Ini Marah-marah, Lalu Aniaya Karyawan Minimarket

Terpisah, Ketua Panitia Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian, PWI Kabupaten Cianjur, Angga Purwanda memaparkan, tugas wartawan bisa mencari, mengolah dan menyebarluaskan informasi yang diyakini merupakan kepentingan umum. Secara akurat dan tepat waktu, sesuai rujukan.

Selain itu, wartawan wajib menerapkan Kode Etik Jurnalis (KEJ), UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) dan Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) khusus media online.

“Mari kita sama-sama belajar, dan terus belajar. Artinya, untuk menjadi wartawan profesional. Jadi jangan dianggap gampang pekerja atau profesi kita ini,” pungkasnya. (CR2)