Polres Purwakarta Ajak Pelajar SMAN 1 Campaka Jauhi Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat. Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Polres Purwakarta melalui Satuan Reserse Narkoba melakukan road show ke sejumlah SMA/SMK di wilayahnya, guna mensosialisasikan Pencegahan, Pemberantasan dan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kali ini giliran Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Campaka yang mendapatkan sosialisasi bahaya Narkoba dari polres Purwakarta, pada Jumat (29/11/2019).

Baca Juga:  Alat Peraga Kampanye Di Angkot, Dishub Minta Surat Resmi Dari Bawaslu Purwakarta

Menurut Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kasat Reserse Narkoba, AKP Heri Nurcahyo, karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih.

“Oleh karena itu, Polres Purwakarta terus berupaya menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman bahaya Narkoba, dengan cara sosialisasi seperti ini,” jelasnya.

Pasalnya, lanjut dia, jika kegiatan pencegahan ini tidak dilakukan, maka generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.

Baca Juga:  Anggota Brimob Meninggal Dunia Saat Mengamankan Unjuk Rasa, Begini Kronologisnya

“Sasaran dari penyebaran narkoba saat ini adalah kaum muda atau remaja. Kalau dirata-ratakan, usia sasaran narkoba ini adalah usia pelajar, yaitu berkisar umur 11 sampai 24 tahun,” jelasnya.

Selain itu, Heri juga menyampikan, orangtua wajib memberikan perhatian yang khusus kepada putra-putrinya dan harus meluangkan waktu untuk memperhatikan pergaulan anak-anak.

“Berikan anak rasa cinta dan kasih sayang serta kepedulian yang tinggi agar mereka tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif, terutama sekali lagi penyalahgunaan narkoba dimana sebuah bangsa akan hancur, jika generasi mudanya rusak dan generasi muda akan rusak apabila kita tidak mampu melakukan pengasuhan dan bimbingan dalam aspek spiritual, nilai dan perilaku keagamaan yang sebaik-baiknya,” kata Heri.

Baca Juga:  Banyak Jalan Rusak Dan Berlubang Di Kabupaten Subang

Dia juga menjabarkan, agar terhindar dari jerat narkotika dan obat-obat terlarang pemuda harus selektif saat memilih kawan dalam pergaulan. Karena pergaulan akan cenderung berpengaruh pada prilaku setiap manusia.

“Jadi pilihlah kawan belajar dan bermain yang kalian anggap itu baik dan tidak malah menjerumuskan adik-adik,” harapnya. (Gin)