Emil Raih Penghargaan Gubernur Terbaik Wilayah Tengah dalam Kadin Award

JABARNEWS | BALI – Kepala daerah yang membantu percepatan ekonomi Indonesia serta mendukung program Kadin Indonesia maupun daerah akan diganjar penganugerahan dalam Kadin Award. Kadin Award yang baru digelar bersamaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2019 di The Westin Resort Nusa Dua, Kuta Selatan, Bali.

Kali ini, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menganugerahkan penghargaan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Terbaik Wilayah Tengah kepada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil pada Kadin Award 2019, Jumat (29/11/2019).

Usai acara, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar terus berkolaborasi dengan Kadin Jabar dalam upaya meningkatkan sektor industri dan perdagangan, termasuk di perdesaan, melalui berbagai program unggulan.

Emil demikian sapaan akrabnya mengatakan Pemda Provinsi Jabar ada program Saudagar Jabar yang mendahulukan semua peluang bisnis di Jabar ini kepada pengusaha lokal.

“Kami sangat ingin mereka maju. Jadi setiap gubernur dapat informasi investor masuk dari luar, saya selalu minta partner lokalnya dari Jabar,” ucap Emil.

“Kami juga menggerakkan UMKM dari berbagai bidang, ada Satu Pesantren Satu Produk (OPOP) yang lima terbaik sekarang sedang berada di Turki, juga ada program Satu Desa Satu Perusahaan (OVOC) itu juga mendukung ekonomi desa agar maju,” tambahnya.

Baca Juga:  Pleno KPU Jabar, Rindu Ditetapkan Menang

Emil menegaskan, hubungan kolegial dan resiprokal antara pihaknya dan Kadin Jabar bertujuan demi meningkatkan ekonomi umat melalui inovasi. Penghargaan yang diterimanya pun menjadi bukti adanya relasi yang baik antara Pemda Provinsi dan Kadin Jabar.

“Intinya kami ingin pengusaha lokal bangkit. Jangan sampai Jabar jadi serbuan pengusaha bukan dari Jabar. Itu kewajiban, jadi dapat penghargaan bukan tujuannya,” kata Emil.

Adapun selain penghargaan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Terbaik Wilayah Tengah bagi Emil, Provinsi Jabar juga menyabet tiga penghargaan lain yakni Kategori Bank Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melalui Bank bjb, serta Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik yang diberikan kepada Bupati Bekasi dan Kuningan.

Totalnya, terdapat empat penghargaan bagi Jabar di Kadin Award 2019. Kategori lainnya adalah Kategori Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Wilayah Barat, dan Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Wilayah Timur.

Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amil dalam pidatonya saat membuka Rapimnas Kadin 2019 menyatakan, pemerintah mengapresiasi peran Kadin dalam perekonomian nasional.

Sebagaimana termaktub dalam UUD 1945, lanjut Wapres, tujuan negara adalah memajukan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga Kadin sebagai organisasi independen dan mitra pemerintah diharapkan menjalankan kegiatan yang sejalan dengan program prioritas pemerintah.

Baca Juga:  Anak Gugat Ibu Kandung, Sidang Mediasi Kelima Digelar

Apalagi, saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia menghadapi tantangan yakni laju perekonomian melambat akibat ketidakpastian ekonomi global, perang dagang Amerika Serikat-China, serta risiko geopolitik.

“Untuk mengatasi tantangan ekonomi itu, dibutuhkan sinergitas semua pihak termasuk para pelaku usaha dan industri untuk meningkatkan daya saing dan kepastian berusaha yang lebih sehat,” kata Wapres.

Sementara itu, Ketua Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendorong terwujudnya cita-cita Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Pada Rapimnas terakhir di era kepengurusan Kadin 2015-2020 yang diikuti kurang lebih 1.000 peserta ini, Rosan pun berharap agar kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat bagi organisasi Kadin dan masyarakat.

“Sinergi dan kolaborasi dunia usaha dan pemerintah adalah hal mutlak yang harus dilakukan untuk menyikapi perlambatan ekonomi dunia. Kita harus rajin melakukan terobosan dan kebijakan yang dapat membangkitkan ekonomi Indonesia secara berkualitas, berkelanjutan, dan berkeadilan,” kata Rosan dalam sambutannya.

Rosan meyakini pada 2030 kekuatan ekonomi Indonesia nomor tujuh di dunia dan 2045 dan menjadi kekuatan nomor empat di dunia. Itu bisa dicapai dengan kita semua bersinergi, berkolaborasi, dan mempunyai visi misi yang sama.

Baca Juga:  Bekas Pegawai Rumah Makan Di Purwakarta Ini Bacok Wajah Majikannya

Turut hadir dalam Rapimnas Kadin 2019 antara lain Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, serta Gubernur Bali I Wayan Koster.

Berikut penerima penghargaan dalam Kadin Award 2019:

Kategori Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Bank BRI

Bank BNI

Bank Mandiri

Kategori Bank Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Bank bjb

Bank DKI

Bank Sulselbar

Bank Bali

Bank Maluku Malut

Kepala Daerah Provinsi Wilayah Barat

Gubernur Bengkulu

Gubernur Aceh

Gubernur Sumatera Barat

Kepala Daerah Provinsi Wilayah Tengah

Gubernur Jawa Barat

Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DI Yogyakarta

Gubernur Jawa Timur

Kepala Daerah Provinsi Wilayah Timur

Gubernur Maluku

Gubernur Bali

Gubernur Sulawesi Utara

Gubernur Sulawesi Selatan

Gubernur Sulawesi Tengah

Gubernur Papua

Wali Kota/Kepala Pemerintahan Kota Terbaik

Wali Kota Surakarta

Wali Kota Semarang

Bupati Kuningan

Bupati Bekasi

Wali Kota Makassar

Wali Kota Kediri. (Red)