APDESI Jabar Nobatkan Emil Jadi Gubernur Desa

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum fokus pada pembangunan desa. Upayanya dalam ketimpangan sosial terhadap masyarakat pedesaan dan perkotaan.

“Semangat program Desa Jabar tidak basa-basi, semuanya bermuara pada akselerasi ekonomi,” Ujar Ridwan Kamil, dalam acara MIUSDA IV DPD APDESI (Aliansi Desa Indonesia) Jabar di Hotel Grand Preanger, Kota Bandung, Jumat (29/11/19).

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar sendiri sudah meluncurkan inovasi bernama Desa Juara yang memiliki tiga pilar, yakni digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

Baca Juga:  Atasi Pengangguran, Pemkab Bogor Benahi Sistem Pencari Kerja

Dari tiga pilar tersebut turun sederet program, seperti Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa), Jalan Mulus Desa, Sapa Warga, dan sejumlah program lainnya.

Pada 2019, Pemda Provinsi Jabar sudah membangun 23 Jantung Desa yang tersebar di beberapa Kabupaten. Jantung Desa dibangun untuk mempermudah akses sekolah dan memperbaiki konektivitas antar desa.

Di sektor perikanan, 1.039 kolam yang menggunakan teknologi smart auto feeder. Lewat teknologi itu, memberi pakan ikan bisa menggunaka gawai. Hal tersebut membuat panen bisa naik dari dua menjadi empat kali dalam setahun. Persentase pendapatan pun melonjak sekira 30 sampai 100 persen. Dengan koneksi internet yang lancar, pemasaran ikan pun dapat dilakukan secara online.

Baca Juga:  Sat Polair Polres Purwakarta, Tinjau DAS Citarum

Menurut Emil, 60 persen perhatian Pemda Provinsi Jabar memang tertuju pada pembangunan desa. Dia berharap dampak positif dari pembangunan desa dapat dirasakan semua masyarakat pada 2020.

“Saya punya harapan di akhir 2020 akselerasi ini menghadirkan perubahan,” ucapnya.

Baca Juga:  Keren! Seorang Pemuda Asal Kota Bandung Ciptakan Sepeda Listrik Canggih

Menurut Ketua APDESI Jabar, Enjoy Rizki mengungkap, dinobatkannya emil sebagai Gubernur Desa oleh APDESI Jabar, dikarenakan inovasi dan akselerasi pembangunan desa yang diluncurkan Pemda Provinsi Jabar tepat sasaran.

“Saya melihat bantuan-bantuan ke desa, dan banyak program-program, beberapa desa baik status jadi desa mandiri, ada juga desa yang berkembang jadi desa wisata,” ujar Enjoy.

Enjoy juga berharap pembangunan desa di Jabar berjalan cepat dan lancar. Jika itu terealisasi, dia optimis kesejahteraan masyarakat desa akan terus meningkat. (Rnu)