bjb

Presiden Jokowi: AI Akan Gantikan Eselon III dan IV

Presiden Joko Widodo. (Foto: Net)

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengaku sudah meminta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN RB RI), Tjahjo Kumolo untuk mempersiapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

"Kalau Eselon III dan IV diganti artificial intelligence, birokrasi kita lebih cepat. Saya yakin itu. Tapi sekali lagi, ini juga akan tergantung omnibus law ke DPR," tegas Presiden RI Jokowi saat menyampaikan sambutan pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019, di Rafles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Jokowi mengungkapkan AI dipersiapkan pemerintah untuk melakukan penyederhanaan birokrasi, dimulai dengan pemangkasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat Eselon III dan IV.

Baca Juga:

Tentang Lahan Luas Yang Dipersoalkan

"Unicorn" Jadi Treding Pasca-Debat

"Mohon maaf kalau di sini ada eselon IV, eselon III. Kita akan pangkas itu mulai tahun depan. Tapi pelan-pelan, dan yang terpenting tidak mengganggu income, gaji dari tadi yang dipotong. Tidak akan menurunkan pendapatan," katanya.

Menurut presiden, pemangkasan ini dilakukan agar terjadi kecepatan dalam setiap pengambilan keputusan dalam proses birokrasi. Terlebih, hal ini dalam rangka reformasi birokrasi yang selama ini dibutuhkan para pelaku usaha. (Red)


Tags : Presiden Jokowi Joko Widodo Eselon III Eselon IV Penyedehanaan Birokrasi Artificial Intelligence Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Kampung Nelayan di Bengkulu Akan Dijadikan Destinasi Wisata

Inilah Alasan Presiden Jokowi Fokus Bangun Infrastruktur

Keadilan Untuk Wartawan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi