Presiden Jokowi: AI Akan Gantikan Eselon III dan IV

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) mengaku sudah meminta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN RB RI), Tjahjo Kumolo untuk mempersiapkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

“Kalau Eselon III dan IV diganti artificial intelligence, birokrasi kita lebih cepat. Saya yakin itu. Tapi sekali lagi, ini juga akan tergantung omnibus law ke DPR,” tegas Presiden RI Jokowi saat menyampaikan sambutan pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019, di Rafles Hotel, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Baca Juga:  Ambyar.. Ribuan Pekerja Sektor Parawisata KBB Terpaksa Dirumahkan

Jokowi mengungkapkan AI dipersiapkan pemerintah untuk melakukan penyederhanaan birokrasi, dimulai dengan pemangkasan Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat Eselon III dan IV.

Baca Juga:  Begini Cerita Dibalik Suksesnya Ursula Sang Pemain Basket Cantik

“Mohon maaf kalau di sini ada eselon IV, eselon III. Kita akan pangkas itu mulai tahun depan. Tapi pelan-pelan, dan yang terpenting tidak mengganggu income, gaji dari tadi yang dipotong. Tidak akan menurunkan pendapatan,” katanya.

Baca Juga:  Hasil Tes Swab Bisa Diketahui Setelah Dua Jam, Begini Kabar Dari Pangandaran

Menurut presiden, pemangkasan ini dilakukan agar terjadi kecepatan dalam setiap pengambilan keputusan dalam proses birokrasi. Terlebih, hal ini dalam rangka reformasi birokrasi yang selama ini dibutuhkan para pelaku usaha. (Red)