Generasi Muda Ikut Kelola Dana Desa dengan Manfaatkan Teknologi

JABARNEWS | CIAMIS – Anggota DPR RI Fraksi Golkar Agun Gunandjar Sudarsa meminta para generasi muda bisa ikut andil dalam pengelolaan dana desa melalui pemanfaatan teknologi smartphone.

Nantinya anak muda dapat membawa konsep tentang tata kelola penggunaan dana desa, adapun regulasi dan konsep kebijakannya dapat diakses melalui Smartphone.

“Sekarang era keterbukaan informasi publik, hal sekecil apapun masyarkat dapat mengetahui dan mengaksesnya,” katanya usai memberikan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Aula Disdik Ciamis, Sabtu (30/11/2019).

Baca Juga:  KPK Jemput Paksa Syahrul Yasin Limpo

Agun menuturkan, dari pada WhatsApp Grup digunakan untuk hal yang tidak bermamfaat, alangkah baiknya generasi muda membuat komunitas yang positif. Komunitas tersebut dapat disinergikan dengan pihak desa, sehingga kucuran dana desa tersebut dapat dimanfaatkan, salah satunya untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga:  Jadwal Lengkap Friendly Match Timnas Indonesia, Termasuk Hari Ini

Ketika WhatsApp Grup tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dan ketika bisnis tersebut tumbuh, produknya bisa keluar desa yang bersebelahan.

Langkah inilah yang harus dilakukan para generasi muda, selain dapat memberikan ruang dan kesempatan yang baik terhadap penggunaan teknologi, juga dapat mencegah dampak negatif penggunaan teknologi smartphone.

Baca Juga:  BMKG: Tahun 2020-2030 Suhu di Indonesia Akan Lebih Panas

“Dengan hal-hal yang positif tersebut kita dapat mengontrol pengaruh akan teknologi yang serba cepat ini, karena menurutnya tidak selamanya informasi teknologi yang datang itu positif,” ucapnya.

Sebagai penutup Agun menambahkan, dengan tantangan era globalisasi dan teknologi yang serba cepat, generasi muda dituntut untuk menciptakan langkah-langkah yang kreatif dan inovatif, terutama menciptakan lapangan pekerjaan. (CR1)