bjb

Masih Muda Sering Lupa? Inilah Penyebabnya

Ilustrasi (Foto: shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Semua orang pasti tidak ingin mudah lupa, daya ingat berkurang biasanya terjadi karena faktor usia yang bertambah. Tapi, tidak sedikit penelitian yang menyimpulkan bahwa gaya hidup juga memberi efek besar terhadap daya ingat pada manusia.

Pada kenyataannya ada juga beberapa penyebab pelupa yang lebih mudah untuk diatasi, seperti penyebab beberapa kondisi berikut ini dilansir dari viva.com, Apa saja itu ? Yuk langsung kita simak ulasannya.

Kurang tidur
Tidak cukup tidur kemungkinan besar menjadi penyebab kenapa kini Anda menjadi seseorang yang lebih pelupa. Pasalnya, terlalu sedikit tidur ataupun kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan.

Hingga pada akhirnya akan mengakibatkan pada masalah kesehatan terkait dengan daya ingat terhadap seseorang.

Stres dan kecemasan
Suatu masalah atau hal apapun yang membuat lebih sulit untuk berkonsentrasi, secara tidak langsung kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah pada memori dan berpengaruh kepada daya ingat.

Ketika otak stres, maka memori akan merasa sangat kesulitan untuk mengerjakan tugasnya dalam memproses data yang masuk.

Depresi
Gejala umum terkait depresi ialah termasuk kesedihan yang begitu menyesakkan, kurangnya minat untuk melakukan sesuatu, dan berkurangnya kesenangan dalam hal-hal yang biasanya Anda lakukan.
Baca Juga:

Menegangkan, Aksi Polisi Kejar Pelaku Kejahatan di Cirebon

Penatnya Rutinitas Kerja, Inilah yang Bikin Libur Lebih Produktif


Sering kesepian
Teryata sering kesepian bisa membuat Anda menjadi lebih pelupa. Lho ko bisa ? Alasannya cukup simpel, karena perasaan kesepian yang kronis bisa berujung pada rasa cemas, depresi dan mengganggu tidur Anda.

Multitasking
Belajar sambil main hape, sambil ngemil, sambil garuk-garuk, sambil dengerin lagu, sambil benerin kancing baju dan sambil mikirin mantan, bisa gak? Bisa sih, hanya saja hasil pembelajaran jelas akan jauh lebih sulit untuk masuk ke dalam otak.

Melakukan banyak tugas dalam satu waktu akan memaksa otak untuk membangi fokus kesana dan kemari. Sementara ketika perhatian terbagi, maka kemungkinan besar otak akan mengalami stres.

Keseringan main gadget
Siapa sangka ternyata keseringan main gadget juga berkontribusi menyebabkan menjadi seorang pelupa lho. Kok bisa ya? Pasalnya, ketika main gadget akan di bombardir dengan belasan aplikasi yang meminta perhatian secara paksa.




Tags : Hindari Lupa Penyebab Lupa Tips Hindari Lupa Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Wow.. Bogor Akan Bangun Pasar Induk Khusus Petani

Kejari Garut Musnahkan Barang Bukti Kejahatan Tahun 2019

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi