Masih Muda Sering Lupa? Inilah Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Semua orang pasti tidak ingin mudah lupa, daya ingat berkurang biasanya terjadi karena faktor usia yang bertambah. Tapi, tidak sedikit penelitian yang menyimpulkan bahwa gaya hidup juga memberi efek besar terhadap daya ingat pada manusia.

Pada kenyataannya ada juga beberapa penyebab pelupa yang lebih mudah untuk diatasi, seperti penyebab beberapa kondisi berikut ini dilansir dari viva.com, Apa saja itu ? Yuk langsung kita simak ulasannya.

Kurang tidur

Tidak cukup tidur kemungkinan besar menjadi penyebab kenapa kini Anda menjadi seseorang yang lebih pelupa. Pasalnya, terlalu sedikit tidur ataupun kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan.

Baca Juga:  Mahasiswa Pascasarjana Pakuan Bogor Tata DAS Citarum

Hingga pada akhirnya akan mengakibatkan pada masalah kesehatan terkait dengan daya ingat terhadap seseorang.

Stres dan kecemasan

Suatu masalah atau hal apapun yang membuat lebih sulit untuk berkonsentrasi, secara tidak langsung kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah pada memori dan berpengaruh kepada daya ingat.

Ketika otak stres, maka memori akan merasa sangat kesulitan untuk mengerjakan tugasnya dalam memproses data yang masuk.

Baca Juga:  Gudang Cat Meledak Hanguskan 3 Rumah di Jati Asih Bekasi

Depresi

Gejala umum terkait depresi ialah termasuk kesedihan yang begitu menyesakkan, kurangnya minat untuk melakukan sesuatu, dan berkurangnya kesenangan dalam hal-hal yang biasanya Anda lakukan.

Sering kesepian

Teryata sering kesepian bisa membuat Anda menjadi lebih pelupa. Lho ko bisa ? Alasannya cukup simpel, karena perasaan kesepian yang kronis bisa berujung pada rasa cemas, depresi dan mengganggu tidur Anda.

Multitasking

Belajar sambil main hape, sambil ngemil, sambil garuk-garuk, sambil dengerin lagu, sambil benerin kancing baju dan sambil mikirin mantan, bisa gak? Bisa sih, hanya saja hasil pembelajaran jelas akan jauh lebih sulit untuk masuk ke dalam otak.

Baca Juga:  Berikut Tugas CNSA, Dugaan Temuan Puing Logam Milik China

Melakukan banyak tugas dalam satu waktu akan memaksa otak untuk membangi fokus kesana dan kemari. Sementara ketika perhatian terbagi, maka kemungkinan besar otak akan mengalami stres.

Keseringan main gadget

Siapa sangka ternyata keseringan main gadget juga berkontribusi menyebabkan menjadi seorang pelupa lho. Kok bisa ya? Pasalnya, ketika main gadget akan di bombardir dengan belasan aplikasi yang meminta perhatian secara paksa.