Misteri Balok Tjipetir dari Sukabumi di Pantai Inggris

Tracey Williams yang menemukan benda ini di tahun 2012.

Ilustrasi balok Tjipetir. (Foto: washingtonpost.com)

JABARNEWS | SUKABUMI - Balok-balok berbahan kenyal seperti karet dan bertuliskan 'Tjipetir' menjadi misteri selama puluhan tahun. Balok-balok ini bertebaran di garis pantai Inggris dan Eropa Utara dan tak ada yang tahu dari mana asalnya.

Tracey Williams yang menemukan benda ini di tahun 2012. Atas penemuan dan rasa penasarannya ia pun mencari dari mana asal-usul benda ini.

Baca Juga:

Ups! Partai Garuda Tidak Jadi Ikut Pemilu di Kabupaten Sukabumi

Dongkrak Partisipasi Pemilih KPU Kota Sukabumi gelar Konser Musik



Ternyata balok-balok ini berasal dari Indonesia tepatnya Sukabumi. Tjipetir adalah nama dari sebuah kebun karet Sukabumi yang beroperasi sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Pabrik ini dibangun pada saat Indonesia masih menjadi Hindia Belanda. Dimana hasil produksinya akan diekspor ke luar negeri. Balok terbuat dar bahan sejenis getah gutta percha.

Balok yang ditemukan di daerah Eropa ini berasal dari kapal milik Jepang bernama Miyazaki Maru yang ditenggelamkan oleh kapal Jerman pada tahun 1917.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Balok Tjipetir Pantai Inggris Sukabumi Pabrik Karet Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Di Kabupaten Sukabumi Partai Garuda Tidak Bisa Ikut Pemilu

Bupati Sukabumi serahkan HGU kepada Masyarakat

UPTD Litbang Keramik Plered Jadi Referensi Pengrajin Luar Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi