Misteri Balok Tjipetir dari Sukabumi di Pantai Inggris

JABARNEWS | SUKABUMI – Balok-balok berbahan kenyal seperti karet dan bertuliskan ‘Tjipetir’ menjadi misteri selama puluhan tahun. Balok-balok ini bertebaran di garis pantai Inggris dan Eropa Utara dan tak ada yang tahu dari mana asalnya.

Tracey Williams yang menemukan benda ini di tahun 2012. Atas penemuan dan rasa penasarannya ia pun mencari dari mana asal-usul benda ini.

Baca Juga:  Keren, Atalia Praratya Terima Lencana Karya Bakti

Ternyata balok-balok ini berasal dari Indonesia tepatnya Sukabumi. Tjipetir adalah nama dari sebuah kebun karet Sukabumi yang beroperasi sekitar akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Baca Juga:  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Purwakarta Diumumkan di Medsos dan Situs Pemkab Purwakarta

Pabrik ini dibangun pada saat Indonesia masih menjadi Hindia Belanda. Dimana hasil produksinya akan diekspor ke luar negeri. Balok terbuat dar bahan sejenis getah gutta percha.

Baca Juga:  Bima Arya Beri Alasan Kenapa Anak-anak di Kota Bogor Terpapar Covid-19

Balok yang ditemukan di daerah Eropa ini berasal dari kapal milik Jepang bernama Miyazaki Maru yang ditenggelamkan oleh kapal Jerman pada tahun 1917.

Diperkirakan balok-balok ini digunakan para penumpang sebagai pelampung saat peristiwa itu. (Red)