Terdampak Abrasi di Karawang, Dedi Mulyadi: Sudah Dipindahkan

JABARNEWS | KARAWANG – Satu kampung di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Karawang, Jawa Barat, terancam hilang akibat abrasi laut. Empat keluarga yang menempati satu rumah akhirnya di relokasi ke tempat yang lebih aman.

“Keluarga yang rumahnya terkena abrasi sudah dipindahkan. Mereka kami sewakan rumah selama dua tahun,” ujar Dedi Mulyadi, anggota DPR RI, Sabtu (30/11/2019).

Baca Juga:  Pengumuman! Berikut Daftar Peringkat Hasil Wawancara Seleksi Calon Pejabat Eselon II Pemkab Purwakarta

Menurut Dedi, keluarga itu memiliki bayi. Tetapi rumahnya kurang layak huni karena dalam satu rumah itu dihuni empat keluarga. Bagian belakang rumahnya juga sudah hancur tergerus abrasi.

Baca Juga:  Beckham Putra Nugraha Minta Doa dari Bobotoh Persib

“Kalau menunggu bantuan dari pemerintah untuk pembangunan rumah baru, itu masih lama. Kasihan, apalagi ada bayi. Ini agar lebih praktis saja sih, langsung kita sewakan rumah,” kata Ketua Wakil Komisi IV DPR ini.

Abrasi di daerah itu telah mengikis tanah hampir 200 meter yang sebagian ditempati rumah warga. Dedi menyebutkan, kalau Pemerintah Kabupaten Karawang sudah menyiapkan tanah untuk tempat relokasi kampung pinggir pantai yang terancam musnah akibat abrasi. Sedangkan untuk pembangunan rumahnya harus ditangani pemerintah pusat. (Ara)

Baca Juga:  Antisipasi Mark Up Dana Desa, Polisi Awasi Pengecoran Jalan di Desa Rawabelut