Lewat Program BSPS, Ciptakan Rumah Layak Huni di Indramayu

JABARNEWS | INDRAMAYU – Selain fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan, Pemerintah Desa Totoran Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu juga tengah serius melaksanakan program pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bantuan program untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni disambut gembira warga yang menerima bantuan tersebut.

Salah seorang warga penerima bantuan program BSPS, Somarih mengaku gembira mendapat bantuan rutilahu, pasalnya, rumahnya yang sebelumnya kumuh sekarang berubah menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah rumah saya yang tadinya acak-acakan sekarang terlihat rapi dan tertata. Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dan kepala desa (Kuwu) yang telah mengusulkan rumah saya untuk mendapatkan bantuan,” ujar Somarih.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, Pemerintah Diminta Lebih Prioritaskan Perdagangan Dalam Negeri

Kartum selaku ketua kelompok masyarakat (Pokmas) saat dikonfirmasi mengenai pelaksanaan pembangunan rutilahu ia menyebutkan, ada 46 unit rumah yang mendapatkan program BSPS, setiap penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp 17.5000.000. dengan rincian untuk pembelian bahan material sebesar 15 juta dan upah tukang 2,5 juta, jelasnya.

Ia menambahkan, dari 46 rumah itu, baru 43 rumah yang pekerjaannya sudah selesai dan 3 unit rumah lainnya masih dalam pengerjaan dan insya allah pekerjaannya akan selesai dalam waktu dekat ini.

Baca Juga:  Antisipasi Kekurangan Pangan Warga Miskin di Garut, Helmi Budiman Klaim Telah Siapkan 100 Ton Beras

Sementara Kepala Desa (Kuwu) Totoran Caswen kepada Jabarnews.com sabtu, (30/11) mengatakan, kalau saat ini desa totoran mendapat bantuan program BSPS dan dalam pelaksanaannya dikerjakan oleh tim fasilitator dibantu oleh masyarakat.

“Ada 46 rumah warga yang mendapat program BSPS. Kami dari pihak desa selalu memantau dilapangan, jangan sampai dalam pelaksanaannya ada kekurangan atau keluhan dari masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut caswen mengatakan, selama kepemimpinannya ia berusaha semaksimal mungkin untuk merubah desa totoran menjadi lebih baik dari sebelumnya, ia juga akan merasa senang jika melihat warganya senang, seperti yang terlihat saat ini, warga yang menerima bantuan rutilahu merasa senang rumahnya sudah diperbaiki,

Baca Juga:  Ini Harapan Penjabat Bupati Untuk Kapolres

“Rumah warga yang sebelumnya bocor pada saat musim hujan sekarang Alhamdulillah sudah tidak bocor lagi, saya merasa bersyukur dan bahagia kalau melihat warga saya bahagia begitupun sebaliknya,” ucapnya.

Tidak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat karena telah memberikan program bantuan bagi masyarakatnya. Caswen mengaku, pemdes Totoran juga telah mengecek beberapa rumah warga yang layak mendapat bantuan untuk diajukan lagi pada tahun depan. (Dais)