Kapolda Metro Jaya Sebut Ledakan Monas Berasal Dari Granat Asap

JABARNEWS | JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono menyebutkan ledakan di kawasan Monumen Nasional (Monas) diduga berasal dari granat asap yang ditemukan oleh anggota TNI.

“Dugaan sementara hasil temuan tim di lapangan, berasal dari granat asap,” ujar Gatot dalam jumpa pers bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Gatot menyebutkan, untuk sementara ini tim dari Pusat Laboratorium dan Forensik Polri menyelidiki dugaan granat asap tersebut bisa meledak tiba-tiba.

Baca Juga:  Begini Suasana Lepas Sambut Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad

Sebuah ledakan terjadi di kawasan Monas saat beberapa anggota TNI berolah raga pada Selasa pagi. Ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 WIB di Jalan Medan Merdeka Utara, tepatnya di dalam pagar Monas seberang Kementerian Dalam Negeri.

Ledakan tersebut mengakibatkan dua korban luka berat, yakni Serma Fajar Arisworo dan Praka Gunawan Yusuf. Keduanya mengalami luka bakar di sekujur tubuh.

Baca Juga:  Lindungi Anggotanya Bertugas, Kapolres Purwakarta Bagikan Masker

Kedua korban dilarikan ke RS Gatot Subroto untuk penanganan medis lebih lanjut.

Sementara itu, Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Utara pukul 09.40 WIB di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) ledakan di dalam kawasan Monumen Nasional (Monas), Selasa pagi, terpantau lancar.

Lokasi kejadian tepat di seberang kantor Kementerian Dalam Negeri juga terpantau lancar. Kendaraan dari arah Medan Merdeka Utara atau Medan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Barat terpantau normal.

Baca Juga:  Kasus Ilegal Akses Data Base Kependudukan Terungkap, Polda Jabar Amankan Lima Tersangka

Beberapa polisi berjaga di sekitar lokasi kejadian.

Sebelumnya polisi melakukan penutupan jalan di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Selasa pagi, menyusul adanya ledakan.

“08.37 WIB Polri melakukan rekayasa dengan menutup jalan dari arah Medan Merdeka Timur mengarah Jalan Medan Merdeka Utara,” demikian pengumuman yang dikutip melalui laman @TMCPoldaMetro. (Ara)